Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Obat Untuk Radang Tenggorokan Akut Pada Anak dan Ibu Hamil

Obat Untuk Radang Tenggorokan - Rasa sakit pada tenggorokan merupakan suatu gejala adanya penyakit pada saluran pernafasan. Salah satunya adalah penyakit radang tenggorokan, mungkin banyak yang menganggap bahwa ini adalah penyakit sepele. Namun jika terus di biarkan akan berakibat fatal. Secara medis radang tenggorokan adalah suatu kondisi ketika tenggorokan terinfeksi bakteri. Kondisi ini menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi, peradangan, suara serak , batuk, gatal dan sakit saat menelan.

Obat Untuk Radang Tenggorokan Akut Pada Anak dan Ibu Hamil
Obat Radang Tenggorokan

Penyebab Radang Tenggorokan

penyebab tersering radang/infeksi tenggorokan adalah virus, dan dalam frekuensi yang lebih sedikit bisa juga bakteri atau jamur. Infeksi tenggorokan ditularkan melalui percikan renik (droplet) saat penderita berbicara, bersin, batuk atau mencium anak. Percikan renik tersebut mengandung kuman yang dapat menyebabkan penyakit yang sama pada bayi/anak.

Gejala Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan bisa sering dialami atau penyakit kambuhan, pada saat radang tenggorokan kambuh maka biasa nya mulut akan terasa sakit. Suhu tubuh juga akan meningkat menjadi lebih panas akibat gejala radang tenggorokan yang terjadi. Selain itu juga radang tenggorokan bisa terjadi dengan gejala yang akan membuat tubuh atau otot terasa sakit dan hidung yang berair akibat mukosa memproduksi lendir jika terdapat infeksi pada tubuh. penderita radang tenggorokan dari anak-anak atau pun orang dewasa cenderung tidak nafsu makan pada saat sakit tenggorokan akibat radang tenggorokan.

Obat Untuk Radang Tenggorokan Akut Pada Anak dan Ibu Hamil
Obat Radang Tenggorokan

Obat Untuk Radang Tenggorokan Akut Pada Anak dan Ibu Hamil

Untuk mengobati radang tenggorokan sebenarnya sangat mudah. Namun yang jadi permasalahan adalah saat sakit radang tenggorokan terjadi pada seorang anak dan ibu hamil. Pemberian obat kepada anak dan ibu hamil sangat beresiko terhadap tumbuh kembang bayi di dalam kandungan. Oleh karena itu jika ingin memberikan obat kepada ibu hamil dan anak-anak sebaiknya dengan saran dokter. Namun bagi anda yang ingin menggunakan cara alami, anda bisa mencoba obat radang tenggorokan pada anak dan ibu hamil berikut ini.

Banyak istirahat

Cara terbaik untuk mengobati penyakit adalah dengan istirahat yang cukup. Istirahat akan membuat sistem kekebalan tubuh anda kembali pada performa maksimal sehingga cukup kuat untuk melawan virus penyebab sakit tenggorokan. Selain itu banyak minum air putih juga dapat mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan.

Air lemon

Air lemon jika di minum setiap hari akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin c, dan juga akan melancarkan pencernaan. cara mengobati radang tenggorokan pun bisa di lakukan dengan menggunakan campuran air lemon dan madu.

Larutan Garam

Cara ini saya dapatkan dari teman semasa kuliah. Cukup larutkan 1-2 sendok garam dalam segelas air hangat. Kemudian berkumurlah dengan air tersebut, kalau bisa berkumurnya sampai terasa di tenggorokan. Garam dikenal ampuh untuk membunuh bakteri penyebab sakit radang tenggorokan. Hal ini sangat bermanfaat sebagai alternatif pengganti obat-obatan untuk mengobati sakit tenggorokan pada ibu hamil.

Jahe

Pada saat penyakit radang tenggorokan sedang terjadi, maka cara mengobati radang tenggorokan yang bisa di lakukan dengan menggunakan air jahe. Air jahe akan membantu mengatasi infeksi pada tenggorokan. Oleh sebab itu pada saat radang tenggorokan terjadi maka sebaik nya minum air jahe.

Perasan jeruk nipis

Ibu hamil dan anak-anak bisa mengobati sakit tenggorokan dengan minum jeruk nipis. Caranya cukup siapkan satu sendok perasan jeruk nipis kemudian tambahkan satu sendok kecap asin. Aduklah hingga tercampur rata kemudian minumlah menggunakan sendok seperti saat anda meminum sirup. Jangan khawatir, rasanya enak karena keponakan saya saja suka. Namun bila anda ingin rasa yang lebih manis, anda bisa menambahkan satu sendok madu sebagai pengganti kecap asin. Bisa anda konsumsi langsung atau juga di campur dengan segelas air hangat.

Sakit yang terlihat ringan bisa menjadi cukup mengkhawatirkan jika terjadi pada wanita hamil. Hal ini dikarenakan pemberian obat untuk radang tenggorokan akut pada anak dan ibu hamil tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebaiknya memberikan obat pada wanita hamil harus dengan saran dokter.

Obat Untuk Radang Tenggorokan Akut Pada Anak dan Ibu Hamil Rating: 5 Posted By: saep

0 komentar: