Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

14 Obat Batuk Alami Bagus dan Aman Untuk Ibu Hamil

Obat Batuk Alami - Artikel ini saya buat bukan semata-mata hanya untuk Ibu hamil, justru ketika Ibu hamil saja aman dan bagus, apalagi yang tidak hamil. Ok? Next. Batuk adalah salah satu respon tubuh terhadap iritan yang ada di tenggorokan dan berfungsi membersihkan lendir dari saluran napas. Namun, batuk saat hamil bisa sangat mengganggu dan meminum obat pun membuat Ibu hamil khawatir akan pengaruhnya terhadap perkembangan janin, padahal gatal di tenggorokan dan batuk terus-terusan pasti tidak nyaman dan mengganggu saat tidur.

14 Obat Batuk Alami Bagus dan Aman Untuk Ibu Hamil

Selama ini, batuk hanya dikenal dua macam saja yaitu batuk ringan dan juga batuk berdahak. Namun siapa sangka jika batuk memiliki berbagai macam jenis batuk yang harus diwaspadai. Bahaya batuk bagi ibu hamil kurang banyak diketahui oleh orang, sehingga banyak ibu hamil yang menyepelekan batuknya ketika hamil.

Masa kehamilan adalah masa yang paling rentan bagi seorang wanita. Ia diharuskan sangat selektif dalam memilih makanan serta mengatur pola makannya. Jika sekali saja melanggar aturan tersebut, tidak menutup kemungkinan ia rentan terkena berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang sering diderita ibu hamil adalah batuk. Adalah sebuah kebingungan tersendiri saat ibu hamil terkena penyakit batuk.

Bahaya Batuk Saat Hamil

Dalam kondisi tertentu, batuk dapat membahayakan kehamilan bagi ibu hamil dan janin yang sedang di kandungnya, oleh karena itu hal ini tidak boleh dianggap remeh. Tidak hanya itu saja, sedikit media yang membahas tentang bahaya batuk saat hamil juga membuat terbatasnya pengetahuan ibu hamil tentang bahaya batuk. Batuk akan menjadi bahaya jika menyebabkan gangguan kesehatan bagi ibu hamil misalnya saja infeksi sinus, penyakit paru-paru dan masih banyak lagi lainnya.

Gangguan kesehatan itu secara tidak langsung bisa berpengaruh terhadap janin yang ada di dalam kandungan ibu Hamil. Berikut ini berbagai macam bahaya yang bisa terjadi pada ibu hamil yang sedang batuk :
    • Keguguran
    Janin yang ada di dalam rahim ibu hamil bisa terkena keguguran terutama kehamilan dengan usia muda di bawah tiga bulan. Ibu hamil sebaiknya menghindari agar tidak terkena batuk. Jika batuk menyerang ibu hamil ketika usia kehamilannya masih sangat muda ibu hamil bisa terkena keguguran dikarenakan suara batuk yang keras. Suara batuk yang keras akan menimbulkan tekanan di perut dan juga dibagian diafragma ibu hamil.
    • Lahir Prematur
    Ibu hamil bisa melahirkan bayi secara prematur dikarenakan suara batuk yang keras akan membuat bayi terdorong ke luar dari rahim. Hal itu bisa terjadi bagi ibu hamil yang memiliki kandungan lemah dan juga serviks lunak. Serviks yang lunak bisa menyebabkan bayi terdorong keluar dari rahim secara tidak sadar.
    • Janin Terguncang
    Bahaya batuk bagi ibu hamil adalah kehamilan akan mengalami keguncangan. Penyebabnya adalah seringnya mengalami batuk setiap menit bisa menyebabkan perut menjadi terguncang. Jika perut terguncang bisa membuat janin yang ada di dalam kandungan ikut terguncang.

    Bisa anda bayangkan ketika ibu yang sedang hamil muda mengalami perut yang terguncang, janin yang ada di dalam perutnya akan menjadi penyebab keguguran.
    • Kematian Janin
    Ibu hamil yang mengalami komplikasi batuk bisa membuat janin yang ada di dalam kandungan mengalami kematian. Misalnya saja ibu hamil mengalami batuk yang diakibatkan oleh penyakit paru-paru, ibu hamil harus mendapatkan penanganan yang lebih lanjut sebab jika tidak segera ditangani bisa membahayakan nyawa ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan.
    • Menimbulkan Rasa Nyeri
    Batuk yang dialami oleh ibu hamil juga bisa menyebabkan rasa nyeri di perut. Rasa nyeri itu bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dengan perutnya. Ibu hamil yang mengalami nyeri perut akan merasakan kesakitan, sebab nyeri perut itu akan terasa seperti kontraksi dini. Nyeri perut bisa diredakan dengan berbaring di tempat tidur dengan posisi tidur yang baik saat hamil yakni, kepala lebih tinggi dibandingkan dengan posisi tubuh. Rasa nyeri akibat batuk itu pun bisa sedikit dikurangi.
    • Janin Terkena Infeksi
    Ibu hamil yang mengalami batuk dan disebabkan oleh infeksi bisa menyebabkan janin di dalam kandungan bisa ikut terkena infeksi. Alasannya adalah kuman penyebab infeksi itu bisa menembus plasenta dan masuk ke dalam tubuh bayi. Bayi yang sudah terasuki dengan kuman penyebab infeksi tersebut bisa terkena infeksi sehingga bayi pun akan mengalami infeksi seperti ibunya.
    • Rentan Terkena Virus
    Bayi yang dikandung saat ibu mengalami batuk bisa membuat bayi yang ada di dalam kandungan rentan terkena virus. Misalnya saja ibu hamil mengalami penyakit bronkitis akibat virus yang ada di dalam tubuhnya. Janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil itu bisa rentan terkena virus yang dimiliki sang ibu, tidak mengherankan jika dilahirkan di dunia, bayi tersebut juga akan mengalami penyakit bronkitis seperti ibunya.

    Virus bisa mudah merasuk ke dalam plasenta bayi, virus itu juga hidup di dalam aliran darah ibu hamil. Saat hamil, sel darah merah ibu dibagi menjadi dua yaitu untuk sang ibu dan bayi yang ada di dalam kandungannya. Tidak heran jika melalui plasenta dan juga melalui aliran darah bayi bisa terkena dengan virus bronkitis sang ibu.

    Bahaya lainnya seperti:
    • Berat Badan Bayi akan menjadi Rendah
    • Pendarahan
    • Sesak Nafas
    14 Obat Batuk Alami Bagus dan Aman Untuk Ibu Hamil

    Obat Batuk Alami Bagus dan Aman Untuk Ibu Hamil

    Bila Ibu hamil khawatir terhadap efek zat kimiawi dalam kandungan obat batuk alami, ada beberapa hal alami yang dapat Ibu lakukan untuk membantu meredakan batuk membandel. Berikut ini beberapa bahan alami sebagai pertolongan pertama di rumah untuk meredakan batuk:
    1. Satu sendok teh campuran daun basil yang direbus dan dicampur dengan madu.
    2. Sepotong lemon dengan garam dan lada hitam yang diisap-isap.
    3. Buah anggur karena anggur menyerupai obat batuk ekspektoran dan dapat melegakan tenggorokan.
    4. Bawang putih yang dikunyah 2-3 kali seminggu bersama makanan.
    5. Jus bawang merah dicampur dengan madu.
    6. Daun eucalyptus atau daun mint dikunyah untuk meredakan gatal pada tenggorokan.
    7. Teh dengan jahe untuk meredakan nyeri tenggorokan karena batuk.
    8. Air hangat dengan sedikit garam untuk kumur dapat mengurangi gatal, nyeri, dan bengkak pada tenggorokan, dan dapat dicampur dengan jus lemon dan madu dengan perbandingan volume air hangat yang sama banyaknya.
    9. Jahe dan kencur merupakan paduan yang baik untuk batuk berdahak. Iris jahe dan kencur tipis setelah dicuci bersih dan rebus hingga mendidih. Minum air rebusan ini sehari tiga kali.
    10. Satu buah jeruk nipis yang diperas dan ditambahkan kecap serta madu agar tidak terlalu asam.
    11. Beberapa lembar daun sirih yang dicampur jahe ukuran sedang yang telah dicuci bersih lalu direbus untuk menghangatkan tenggorokan dan mengurangi rasa gatal.
    12. Kunyit setengah sendok teh dihaluskan dan dimasukkan ke dalam susu hangat, ditambahkan madu dan diaduk rata. Diamkan hingga mengendap dan minum ketika susu masih hangat.
    13. Daun kemangi yang direbus dapat meredakan batuk kering. Minum selagi hangat.
    14. Irisan daun seledri yang telah dicuci bersih dan direbus dicampur dengan beberapa tetes madu. Minum selagi hangat.
        Obat batuk alami ini dapat digunakan sebagai pertolongan pertama. Namun, bila batuk tidak membaik, terutama bila disertai gejala lain, seperti demam, nyeri menelan, dan lainnya, maka sebaiknya Ibu segera menemui dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

        14 Obat Batuk Alami Bagus dan Aman Untuk Ibu Hamil Rating: 5 Posted By: saep

        0 komentar: