Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Kanker Pita Suara / Laring - Pengertian, Penyebab dan Gejala

Kanker Pita Suara - Pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas beberapa pengetahuan penting mengenai kanker laring. Mengapa saya katakan penting? Alasan kuatnya tentu setiap manusia pasti mempunyai tenggorokan, dan salam tenggorokan tersebut terdapat pita suara yang biasa disebut laring. Bisa Anda lihat gambar untuk laring dibawah ini:

Kanker Pita Suara / Laring - Pengertian, Penyebab dan Gejala
Kanker Pita Suara / Laring - Pengertian, Penyebab dan Gejala

Pengertian kanker laring

kanker laring adalah kanker yang terjadi pada daerah laring. Laring, yang juga dikenal sebagai kanker pita suara, terletak di bagian depan tenggorokan. Kanker laring sangat berbahaya bagi penderita karena hal ini memberikan dampak yang negatif untuk fungsi tenggorokan.

Kanker ini dimulai ketika sel normal mulai berubah dan tumbuh tidak terkontrol, membentuk massa jaringan yang disebut tumor laring. Pertumbuhan lost control biasanya disebabkan oleh mutasi sel, yang menunjukkan adanya perubahan susunan rantai basa pada sel DNA.

Umumnya kanker laring dimulai pada glotis (bagian tengah dari laring tempat terletaknya pita suara). Apabila kanker laring bermetastasis atau menyebar, sel kanker kerapkali menyebar ke kelenjar getah bening yang berdekatan dengan leher luar. Ada beberapa tipe dari kanker laring. Tipe paling umum adalah karsinoma sel skuamosa, yang dimulai dari sel-sel yang melapisi laring.

Jenis lain yang tidak terlalu umum adalah adenokarsinoma, yang dimulai dari sel-sel kelenjar kemudian tersebar di sekitar permukaan laring. Sel-sel ini juga menghasilkan lendir. Ada juga tipe kanker yang lain seperti sarkoma (kanker yang dimulai dari jaringan penunjang tubuh).

Penyebab dan pencegahan kanker pita suara

Penyebab utama terjadinya kanker laring adalah kebiasaan buruk/gaya hidup orang tersebut. Tentu saja kebiasaan buruk yang menyangkut tenggorokan. Beberapa contoh kebiasaan buruk tersebut yaitu kebiasaan merokok juga minum minuman beralkohol.

Keduanya merupakan penyebab utama yang sering dilakukan penderita, tak hanya pria, termasuk kaum wanita juga. Apalagi belakangan ini tidak sedikit wanita yang mulai kebiasaan merokok dan juga minum minuman beralkohol. Oleh karena itu, berdasarkan survey, jumlah dari penderita kanker pita suara pada kaum wanita hampir berimbang dengan kaum pria.

Beberapa ada yang menganjurkan pengobatan herbal. Namun memang meskipun tak memiliki efek samping karena menggunakan bahan herbal, jika belum pasti, Anda sebaiknya memeriksakan ke dokter spesialis THT. Sebelum kanker laring semakin parah atau menjadi-jadi. Anda tentu tak ingin terjadi gangguan lanjutan pada pita suara Anda bukan?

Tindakan yang paling berpengaruh untuk mencegah kanker laring ini adalah menghindari rokok, minuman keras dan benda haram lainnya.

Gejala kanker laring

  • Suara serak, sakit tenggorokan, terasa ada benda asing dan nyeri pada saat menelan
Biasanya, gejala lumrah yang terjadi pada penderita kanker laring  ini adalah suara menjadi serak. Pada kehidupan sehari hari, penyebab suara serak tak dapat dijelaskan secara pasti, apabila gejala tersebut sudah muncul lebih dari tiga minggu dan tidak berangsur membaik juga, maka dianjurkan sebaiknya ke rumah sakit untuk dilakukan endoskopi oleh spesialis THT untuk perawatan medis tepat waktu.

Karena sebagian besar kanker laring yang klinis berasal dari pita suara, bahkan sangat kecil tumor pita suara juga dapat menyebabkan getaran pita suara yang menyebabkan pita suara menjadi serak. Rasa sakit tenggorokan saat menelan adalah gejala awal pasien kanker supraglottic (tenggorokan). Tim dokterpun tidak boleh salah dalam mengdiagnosa dan mengobati meskipun gejalanya belum sepenuhnya jelas. Selain itu, kanker glotis yang lambat perkembangannya juga memiliki rasa adanya benda asing di tenggorokan, atau rasa tenggorokan sakit saat menelan.
  • Dahak yang memiliki bercak darah & kesulitan bernapas
Tumor dengan sejumlah besar neovaskularisasi abnormal pada pasien dengan kondisi batuk sering berujung lendir atau berdahak. Gejala utama pada pasien kanker supraglottic subglottic dan pasien kanker pita suara stadium menengah maupun stadium akhir. Ketika ukuran tumor menjadi besar dan mulai mengganas, umumnya dapat mengakibatkan rongga pernapasan tersumbat yang menjadikan pasien kesulitan bernapas.
  • Rasa sakit di dalam telinga
Pada tahap tertentu dari kanker laring, dan ulserasi dan inflamasi parah di tenggorokan, dapat menyebabkan nyeri reflex pada saraf. Awal tumor pita suara umumnya tidak menghasilkan refleks nyeri. Refleks nyeri dalam lanjutan pasien kanker supraglottic. Gejala paling umum adalah rasa sakit telinga pada bagian dalam.

Kanker Pita Suara / Laring - Pengertian, Penyebab dan Gejala

Pengobatan kanker pita suara

Pengobatan tergantung kepada lokasi kanker di dalam laring. Kanker stadium awal diatasi dengan pembedahan atau terapi penyinaran. Jika menyerang pita suara, lebih sering dilakukan terapi penyinaran karena bisa mempertahankan suara yang normal. Kanker stadium lanjut biasanya diatasi dengan pembedahan, yang bisa meliputi pengangkatan seluruh bagian laring (laringektomi total atau parsial), diikuti dengan terapi penyinaran.

Pengangkatan seluruh pita suara menyebabkan penderita tidak memiliki suara.
Suara yang baru dibuat dengan salah satu dari cara berikut:
  • Esophageal speech, penderita diajari untuk membawa udara ke dalam kerongkongan ketika bernafas dan secara perlahan menghembuskannya untuk menghasilkan suara.
  • Fistula trakeoesofageal, merupakan katup satu arah yang dimasukkan diantara trakea dan kerongkongan. Katup ini mendorong udara ke dalam kerongkongan ketika penderita bernafas, sehingga menghasilkan suara. Jika katup mengalami kelainan fungsi, cairan dan makanan bisa secara tidak sengaja masuk ke dalam trakea.
  • Elektrolaring adalah suatu alat yang bertindak sebagai sumber suara dan dipasang di leher.
  • Kemoterapi 
  • Terapi Laser 
  • Terapi Radiasi 
  • Laringektomi 
  • Trakeostomi 
  • Tiroidektomi 
  • Laringektomi 
  • Supraglotik 
  • Kordeoktomi 
  • Bedah Laser
Suara yang dihasilkan oleh ketiga alat pertama diatas dirubah menjadi percakapan dengan menggunakan mulut, hidung, gigi, lidah dan bibir. Suara yang dihasilkan lebih lemah dibandingkan suara normal.

Untuk obat alami jenis kanker ini, bisa Anda gunakan dengan mengunjungi obat alami radang tenggorokan akibat merokok. Demikian ulasan informasi yang saya berikan pada pembaca mengenai kanker pita suara ini. Semoga memberi sedikit pencerahan dan solusi.

Kanker Pita Suara / Laring - Pengertian, Penyebab dan Gejala Rating: 5 Posted By: saep