Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Gejala Radang Tenggorokan & Cara Menyembuhkan dgn Obat Alami

Gejala Radang Tenggorokan & Cara Menyembuhkan dgn Obat Alami - Gejala radang tenggorokan umumnya adalah daerah tenggorokan terasa kering dan terkadang sakit saat digunakan untuk menelan. Tanda dari gejala awal tersebut justru sering diabaikan, dan ujung-ujungnya dapat menjadi penyakit yang cukup serius seperti kanker tenggorokan.

Gejala Radang Tenggorokan & Cara Menyembuhkan dgn Obat Alami

Walaupun secara umum memang penyakit ini tidak mematikan, radang tenggorokan ini adalah masalah kesehatan yang sangat sering dialami oleh banyak orang. Bahkan boleh dikata kebanyakan manusia di dunia pasti pernah mengalami penyakit ini.

Penyebabnya pun beragam dan yang menjadi pemicu penyakit ini rata-rata sepele. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membahas lebih jauh mengenai apa itu gejala radang tenggorokan dan obat alami apa yang tepat menuntaskan penyakit ini?

Pengertian Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau Faringitis (bahasa Latin: pharyngitis), adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorok atau hulu kerongkongan (pharynx). Kadang juga disebut sebagai radang tenggorok.

Gejala Radang Tenggorokan

Untuk tanda atau gejala radang tenggorokannya sendiri, gejala yang muncul karena infeksi dari virus dan bakteri umumnya berbeda. Ciri-ciri radang tenggrorokan dari infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, biasanya Anda akan merasa sakit saat menelan makanan ataupun minuman. Kelenjer pada leher akan membengkak dan jika dilihat ke bagian dalam kerongkongan maka akan terlihat warna merah yang disertai bercak putih. Suhu badan juga akan meningkat, bahkan terkadang dalam kondisi tertentu seorang penderita radang tenggorokan akan menggigil.

Sedangkan gejala radang tenggorokan yang dipicu oleh infeksi virus secara umum sedikit berbeda dengan infeksi bakteri. Penderita radang tenggorokan karena virus biasanya akan merasa kering, gatal, bahkan merasa pedih di dalam tenggorokan. Selain itu gejala lain adalah batuk dan bersin dan juga suara yang akan menjadi serak atau bahkan hilang. Umumnya penderita memang tidak akan mengalami demam seperti yang terjadi pada radang akibat bakteri. Namun memang dalam beberapa kasus tertentu, penderita juga bisa mengalami gejala demam.

Gejala Radang Tenggorokan & Cara Menyembuhkan dgn Obat Alami

Gejala yang ditimbulkan dari radang tenggorokan ini akan mengganggu aktifitas keseharian kita. Ketika Anda sedang mengalami peradangan, tubuh Anda akan terasa lebih mudah lelah, Anda juga akan mengalami sakit kepala, bahkan yang paling menyebalkan adalah rasa sakit saat makan dan minum. Hal ini tentu akan membuat Anda kurang nyaman saat makan. Seenak apapun makanan dan minuman yang Anda konsumsi, namun ketika Anda sedang radang, semua makanan seolah terasa tidak enak.

Penyebab Radang Tenggorokan

  • Virus, 80 % radang tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam.
  • Merokok.
  • Batuk dan pilek. Dimana batuk dan lendir (ingus) dapat membuat tenggorokan teriritasi.
  • Virus coxsackie (hand, foot, and mouth disease).
  • Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap).
  • Bakteri streptokokus, dipastikan dengan Kultur tenggorok.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Sekarang kita ke inti dari pembahasan yang sangat penting bagi Anda yang ingin mengenal cara antisipasi yang paling tepat ketika radang tenggorokan mengganggu. Klarifikasi dari obat herbalnya dapat menggunakan:

Gejala Radang Tenggorokan & Cara Menyembuhkan dgn Obat Alami
  • Tanaman Ciplukan (Ceplukan)
Munculnya berbagai manfaat ciplukan itu seperti meredakan radang tenggorokan mungkin akibat adanya beberapa kandungan yang terdapat di dalam ciplukan seperti vitamin C, asam palmitat, alkaloid, chlorogenic acid, polifenol dan lain sebagainya yang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Secara garis besar tanaman ciplukan ini memiliki peran sebagai tanaman yang memiliki fungsi antibakteri, anti aflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, antivirus, menetralkan racun dan anti hiperglikemi. Berikut ini akan kita ulas sedikit manfaat ciplukan jika dilihat dari bagian tumbuhannya.
Bahan: Tanaman ciplukan sebanyak 9-15 gram dan 4 gelas air putih
Cara pengobatan: Tanaman ciplukan direbus dalam 4 gelas air bersih hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum airnya 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.
  • Teh jahe
Anda dapat menambahkan 1 inci potong jahe yang telah di memarkan sebelumnya lalu rebus selama 2 sampai menit. Selanjutnya, campurkan dengan teh yang sudah Anda buat sebelumnya.
  • Minum jus lemon tanpa gula
Campurkan dua sendok makan jus lemon ( dari perasan 1/2 lemon ) ke dalam 1 gelas air hangat. Ingat, jangan tambahkan gula. Minum 2-3 kali sehari dalam kondisi perut kosong ( sekitar 30-60 menit sebelum makan ).
  • Daun Kemangi
Rebuslah daun kemangi lalu minum air rebusannya. Atau cukup saja berkumur menggunakan air rebusan kemangi hal ini akan segera membuat radang tenggorokan Anda membaik.
  • Madu dan lemon
Minum secangkir air hangat yang telah dicampur dengan 1 sdm lemon dan 1 sdm madu. Campuran ini di kenal sebagai obat yang tok cer untuk untuk mengatasi radang tenggorokan. Bila tidak ada lemon, 1 sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi radang tenggorokan sebab madu merupakan antibiotik yang alami. Namun sebaiknya madu jangan di berikan pada anak-anak di bawah usia 2 tahun.
  • Menghirup uap panas
Obat kuno guna mengatasi radang tenggorokan yaitu dengan menghirup uap. Caranya taruhlah air panas dalam sebuah panci lalu posisi Anda hadapkan pada uap tersebut. Pakailah handuk pada kepala guna mencegah uap tidak menyebar. Hiruplah uap dari panci tidak hanya lewat hidung saja tapi sesekali juga melalui mulut.
  • Konsumsi Sup
Ketika radang tenggorokan, biasanya akan sulit makan juga menelan. Oleh sebab itu, coba konsumsi sup misalnya saja sup ayam hangat dengan rasa sedikit agak asam. tidak hanya meringankan rasa sakit akan tapi juga Anda mendapat nutrisi guna melawan peradangan.
  • Jus buah belimbing
Buah belimbing ternyata mempunyai khasiat anti-radang yang dapat digunakan mengobati radang tenggorokan. Caranya cukup mudah, ambil 100 gram buah belimbing manis, di buat jus dan diminum.
  • Teh chamomile
Teh chamomile hangat dapat juga untuk mengurangi sakit radang tenggorokan sebab dapat untuk mengatasi peradangan. Seduhlah 2 kantung teh chamomile menggunakan secangkir air mendidih. Apabila ingin mendapat rasa manis, tambahkan dengan madu.
  • Bawang putih
Keberadaan Bawang putih mengandung senyawa allicin merupakan agen pembunuh bakteri. Untuk itu sebaiknya cobalah mengunyah antibiotik alami ini supaya dapat mengeluarkan senyawa allicin untuk mengatasi penyakit radang tenggorokan.
  • Campuran kunyit, air, dan garam
Ini merupakan obat rumahan yang begitu efektif guna menghilangkan rasa sakit pada bagian tenggorokan akibat peradangan hebat. Campurkan juga 1 sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat selanjutnya gunakan untuk berkumur beberapa kali dalam sehari.

Demikianlah hal-hal yang dapat saya sampaikan dengan tujuan agar memberi sedikit manfaat bagi semua pembaca terutama yang sedang mengalami radang tenggorokan tersebut. Semoga Sembuh & Salam Sehat!

Gejala Radang Tenggorokan & Cara Menyembuhkan dgn Obat Alami Rating: 5 Posted By: saep

0 komentar: