Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Antibiotik Obat Untuk Radang Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Antibiotik untuk radang tenggorokan pada umumnya menjadi primadona di pasaran dibanding dengan jenis obat lainnya. Jenis obat ini memang bagus untuk dikonsumsi bagi siapa saja yang mengonsumsinya terutama saat sakit tenggorokan. Cuma bukan berarti obat jenis ini tanpa kekurangan, karena antibiotik hanya ampuh untuk menangani bakteri, tidak dengan radang tenggorokan akibat dari virus. Alasan lebih khususnya mungkin ketenaran dari jenis obat inilah yang kerap kali menjadi buah bibir.

Antibiotik Obat Untuk Radang Tenggorokan Sakit Saat Menelan
Antibiotik Untuk Radang Tenggorokan

Pengertian Antibiotik

Secara terminologi kesehatan, memang antibiotik diartikan sebagai obat-obatan yang digunakan untuk mengobati, dan dalam sebagian kasus bisa mencegah infeksi yang berkembang oleh bakteri. Obat jenis ini bukan bertujuan untuk mengatasi penyakit yang berat dan kandungannya pun idak dapat bertahan lama jika dibandingkan dengan obat lainnya. Biasanya antibiotik dikhususkan hanya menanggulangi penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, jerawat dan penyakit lain yang tidak membahayakan nyawa. Selain efektif melawan infeksi bakteri, antibiotik juga digunakan untuk memerangi beberapa jenis infeksi jamur dan parasit. Namun antibiotik tidak dapat digunakan untuk melawan virus.

Tutorial mengkonsumsi antibiotik

Antibiotik biasanya dikonsumsi melalui mulut, namun juga dapat digunakan melalui suntikan atau infus, terutama untuk kasus yang lebih serius, seperti infeksi sistemik pada organ dalam (deep-seated systemic infections). Selain itu, antibiotik juga dapat diberikan secara topikal pada bagian tubuh tertentu, seperti tetes mata atau obat salep.

Anda yang ingin mengonsumsinya, wajib sesuai aturan pakai yang sesuai kondisi penyakit yang di derita. Dokter akan memaparkan penjelasan kapan dan berapa kali obat tersebut harus dikonsumsi. Agar tidak terlupa, disarankan mengonsumsi obat pada waktu yang sama tiap hari.

Tidak semua antibiotik diperbolehkan bersamaan dengan makanan, sebagian jenis obat ini ada yang mengharuskan dikonsumsi di saat perut kosong, umumnya satu atau dua jam sebelum makan. Konsumsi minuman keras juga dilarang selama menggunakan antibiotik tertentu. Ikuti instruksi pada label obat atau melalui lembaran informasi untuk pasien.

Orang desa biasanya memberikan sisa dari obat ini kepada kerabat dekatnya yang sakit serupa, padahal ini sangat dilarang oleh ahli kesehatan. Selain itu, hindari juga menyimpan sisa antibiotik milik Anda. Seharusnya tidak ada dosis obat yang tersisa. Antibiotik yang diresepkan sebaiknya dikonsumsi sampai habis walaupun sudah sembuh, guna untuk mencegah kembalinya infeksi yang berpotensi lebih parah dari yang awal.

Apabila diantara Anda menerima dosis melebihi yang telah diresepkan oleh dokter, maka sebaiknya tanyakan pada apoteker tentang bagaimana sebaiknya membuang sisa antibiotik tersebut.

Efek samping antibiotik secara umum

Kebanyakan antibiotik (dengan pengecualian aminoglikosida) tidak menimbulkan masalah atau efek samping serius pada orang-orang (kecuali yang memiliki alergi). Efek samping yang paling sering terjadi ketika mengonsumsi antibiotik, antara lain:
  • Perasaan sakit.
  • Kembung dan gangguan pencernaan lainnya.
  • Diare
Sekitar 1 dari 15 orang memiliki reaksi alergi terhadap antibiotik, khususnya penisilin dan sefalosporin. Meksipun jarang terjadi, namun reaksi alergi ini dapat menyebabkan kondisi alergi yang serius (anafilaksis), yang merupakan suatu keadaan darurat medis.

Antibiotik Obat Untuk Radang Tenggorokan Sakit Saat Menelan
Antibiotik Untuk Radang Tenggorokan

Antibiotik Obat Untuk Radang Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Radang tenggorokan yang umumnya disertai rasa sakit saat menelan merupakan penyakit yang nyaris tiba pada setiap orang, terutama saat bangun dari tidur. Bagi para perokok khususnya, peradangan ini sangatlah tidak asing bahkan bisa terjadi setiap pagi hari.

Bagi Anda yang sedang mencari info mengenai jenis obat antibiotik yang tepat untuk radang tenggorokan ini, saya akan memberikan sebagian dari pengalaman yang Alhamdulillah sangat ampuh, apalagi jika Anda mengonsumsinya dipadukan dengan obat-obat antivirus. Berikut ini rekomendasi dari saya:

Antibiotik Obat Untuk Radang Tenggorokan Sakit Saat Menelan
Antibiotik Untuk Radang Tenggorokan
  • Antibiotik golongan betalaktam
Antibiotik yang paling lumrah digunakan guna mengatasi radang tenggorokan seperti penisilin dan obat-obatan terkait misalnya amoksisilinatau ampisilin. Penderita disarankan mengkonsumsi obat ini selama dua minggu sampai ada hasil baik yang muncul. Antibiotik ini bekerja untuk menghilangkan bakteri streptococcus grup A. Walaupun demikian, banyak juga penelitian yang menunjukkan resistensi bakteri terhadap antibiotik golongan ini. Sehingga, selalu ada kemungkinan bahwa anda akan butuh antibiotik lain sebagai alternatif jika penisilin dan lainnya tidak bisa secara efektif menyembuhkan radang tenggorokan.
  • Antibiotik golongan cefolosporin
Antibiotik Radang Tenggorokan juga menunjukkan bahwa penggunaan antibiotik golongan cefolosporin lebih manjur dibandingkan antibiotik dalam golongan betalaktam. Walaupun sefalosporin cukup besar peluangnya untuk digunakan dalam mengatasi radang tenggorokan, namun yang paling umum dipertimbangkan oleh dokter adalah cephalexin dan cefadroxil. Terbukti dari beberapa kasus bahwa radang tenggorokan bisa diatasi dari dua antibiotik di atas. Namun tetap saja, jika terdapat kemungkinan tidak bekerja secara efektif, maka penderita akan dianjurkan untuk menggunakan golongan antibiotik lainnya.

Pada penggunaan penisilin (betalaktam) dan sefalosporin di atas, ada potensi masalah yang dapat ditimbulkannya. Pertama, ada orang yang alergi terhadap penisilin dan kerabatnya, sehingga ini tidak dapat digunakan. Kedua, banyak orang alergi terhadap antibiotik Beta-laktam juga alergi terhadap sefalosporin. Ini berarti beberapa orang tidak dapat diobati dengan salah satu dari kedua golongan antibiotik tersebut dan membutuhkan alternatif.
  • Antibiotik Makrolida (macrolide)
Alternatif lainnya adalah dengan antibiotik kelas macrolide, termasuk diantaranya obat-obatan misalnya klaritromisin, eritromisin dan juga azithromycin. Nah, Beberapa obat tersebut dapat memberikan sebuah keuntungan lebih, contohnya saja azithromycin cukuplah diminum empat sampai lima hari, bukan dua minggu secara berturut-turut. Meski demikian, Makrolida memiliki kelemahan juga, termasuk yakni efek samping jauh lebih tinggi di lambung. Tetapi, efek samping itu biasanya dianggap kerugian kecil jika dibandingkan manfaatnya yang sangat besar yakni membunuh virus bakteri streptokokus yang merupakan penyebab utama radang tenggorokan.

Antibiotik Obat Untuk Radang Tenggorokan Sakit Saat Menelan
Antibiotik Untuk Radang Tenggorokan

Antibiotik Alami Untuk Radang Tenggorokan

Konsumsilah ketiga antibiotik diatas berdasarkan resep dokter! Jika Anda ragu, tidak ada salahnya jika Anda mulai beralih ke antibiotik alami yang berasal dari tanaman, seperti bawang, jahe, dan kunyit.Sama halnya dengan jenis obat Apotik tadi, antibiotik alami pun hanya bisa digunakan untuk membasmi bakteri, tidak dengan virus. Antibiotik alami berikut ini bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan karena  infeksi bakteri lainnya. Berikut antibiotik alami untuk mengatasi berbagai jenis infeksi bakteri pada tenggorokan:
  • Bawang Putih
Makan 2 sampai 3 siung bawang putih mentah pada perut kosong secara rutin tiap hari. Jika tidak bisa, cukup tambahkan pada masakan Anda.
  • Madu
Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, konsumsilah madu karena sifatnya sebagai antibiotik alami. Campur madu dan kayu manis dalam takaran yang sama sebagai minuman. Resep ini cukup bagus untuk sakit tenggorokan saat menelan.
  • Oregano
Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa minyak erogano dapat mengurangi infeksi seefektif antibiotik. Minyak oregano berfungsi sebagai antibiotik menyaingi streptomisin, penisilin, vaskomisin, nistatin, amfoterisin dan kemampuannya untuk menghilangkan mikroba. Beberapa penyakit dapat dikurangi oleh minyak oregano seperti sakit tenggorokan, masalah pernapasan, psoriasis, infeksi jamur, eksim dan infeksi berbahaya lainnya. Departemen Pertanian AS menunjukkan bahwa minyak oregano menunjukkan aktivitasnya terhadap bakteri Salmonella dan E. coli.
  • Minyak Zaitun
Minyak zaitun adalah salah satu antibiotik alami yang dapat mengobati berbagai jenis infeksi bakteri seperti rasang tenggorokan. Untuk mengekstrak minyak dari daunnya, siapkan segenggam daun zaitun lalu cincang halus. Tempatkan pada wadah lalu tutup rapat-rapat selama 4 sampai 5 minggu. Setelah cairan keluar, saring dari ampasnya. Minyak zaitun siap digunakan. Bisa juga Anda membeli minyak zaitun yang sudah tersedia di toko.
  • Kunyit
Untuk membunuh bakteri jahat dalam perut penyebab penyakit, gunakan antibiotik alami untuk mengatasinya. Campurkan 1 sdm bubuk kunyit dan 6 sdm madu. Aduk bahan-bahan tersebut secara merata lalu simpan di wadah kedap udara. Gunakan ½ sdt campuran ini dua kali sehari sebagai obat untuk radang tenggorokan.
  • Jahe
Jahe adalah antibiotik alami yang baik untuk melawan patogen yang ditularkan melalui makanan seperti salmonella. Oleh karena itu, selalu tambahkan jahe sebagai campuran makanan atau minuman karena tanaman ini memiliki segudang khasiat yang menyehatkan tubuh Anda dari penyakit ini.
  • Biji Jeruk
Tidak banyak orang yang tahu bahwa ekstrak biji jeruk adalah antibiotik alami untuk mengobati semua penyakit akibat infeksi. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur 10 sampai 15 tetes ekstrak biji jeruk dalam setengah gelas air dan minum 2 atau 3 kali sehari.
  • Mimba
Tidak seperti antibiotik kimia, mimba sangat mujarab untuk melawan infeksi bakteri tanpa menyebabkan resistensi bakteri meski dikonsumsi secara terus menerus. Konsumsilah mimba untuk membantu menghilangkan akumulasi racun dan organisme parasit yang merugikan tubuh.

Antibiotik Obat Untuk Radang Tenggorokan Sakit Saat Menelan Rating: 5 Posted By: saep

0 komentar: