Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari - Radang tenggorokan merupakan suatu penyakit yang enteng-enteng susah. Tapi suatu penyakit adalah untuk segera diobati, bukan dianggap enteng, betul? Dibawah ini saya menyajikan 38 obat radang tenggorokan alami yang dikumpulkan dengan merujuk pada situs-situs terpercaya mengenai herbalisme.

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

Obat Radang Tenggorokan Alami

Secara medis, radang tenggorokan ialah kondisi saat tenggorokan mengalami infeksi bakteri. Kondisi ini akan mampu menyebabkan tenggorokan Anda mengalami peradangan, iritasi hingga suara yang berubah menjadi serak. Anda bisa menggunakan berbagai bahan alami berikut untuk obat radang tenggorokan. Tanpa panjang lebar lagi, inilah uraian yang Anda tunggu-tunggu beserta gambarnya agar tidak pusing bagi yang awam, tapi yang jarang saja ya gambarnya:

1. Minyak Kayu Putih
Pengobatan radang tenggorokan yang akan kita lakukan kali ini dinamakan Steaming. Yang perlu dipersiapkan adalah satu ember air panas dan minyak kayu putih. Caranya, ambil seember air panas yang masih menguap kemudian beri tetesan minyak kayu putih. Dekatkan hidung dan hirup uapnya, jangan lupa tutup dengan handuk agar uapnya tidak kemana-mana. Prosesi ini untuk melancarkan pernafasan dan mengencerkan dahak yang ada di tenggorokan.

2. Kapur Sirih
Masalah selanjutnya yang bisa diatasi oleh kapur sirih adalah radang pada tenggorokan. Radang di tenggorokan biasanya diakibatkan oleh bakteri dan menimbulkan rasa gatal yang membuat kita merasa tidak nyaman. Anda bisa menggunakan kapur sirih sebagai solusinya. Caranya adalah gunakan kapur sirih dengan jeruk nipis yang diseduh dalam air hangat, beri madu sebagai tambahan rasa manis kemudian Anda minum air kapur sirih hingga habis. Dengan melakukan hal ini dijamin sakit radang tenggorokan Anda akan hilang.

3. Jeruk nipis
Resep ini cocok untuk gejala awal radang tenggorokan yang biasanya di awali dengan rasa gatal pada tenggorokan.

Caranya : Peras 3 buah jeruk nipis yang telah masak dan seduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk hingga rata. Selagi hangat gunakan untuk berkumur dalam mulut dan tenggorokan selama 2 – 3 menit 3 kali sehari.

4. Bunga Echinacea
Bunga ini menjadi salah satu bahan herbal yang dipercaya bisa mengobati radang tenggorokan. Echinacea bisa membantu meningkatkan kesehatan dengan cara yang sangat alami. Kandungan beberapa senyawa termasuk minyak esensial akan meningkatkan fungsi alami sistem kekebalan tubuh Anda.

Bahkan ketika bagian dari campuran air dan bunga echinacea melewati tenggorokan maka bisa menyebabkan infeksi pada tenggorokan akan pulih.

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

Caranya adalah memasukkan beberapa bagian bunga ke dalam air hangat. Kemudian gunakan airnya untuk berkumur. Anda juga bisa menggunakan jenis obat pelega pernafasan yang berbentuk semprot dengan kandungan bunga echinacea. Gambarannya bisa dilihat dibawah ini:

5. Daun Mind
Teh daun mint adalah salah satu bahan yang akan membuat radang tenggorokan mereda. Bahan ini bisa memberikan efek melegakan saluran pernafasan, asma, meringankan iritasi pada bagian tenggorokan dan melawan penyeban infeksi seperti virus atau bakteri. 

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

Cara perawatan ini dilakukan dengan mencampur beberapa helai daun mint yang masih segar ke dalam satu cangkir ai hangat. Kemudian biarkan selama beberapa saat. Setelah itu gunakan teh ini untuk berkumur dan tahan di bagian tenggorokan. 
Anda juga bisa meminum teh ini untuk mendapatkan manfaat penyembuh radang tenggorokan yang lebih cepat.

6. Jus Buah Delima
Buah delima sangat baik untuk membantu mengobati radang tenggorokan. Buah delima mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang bisa menjadi sumber antioksidan.
Kemampuan vitamin C dalam buah delima bisa membantu menyembuhkan infeksi yang menyerang pada bagian tenggorokan. Selain itu buah delima juga mengandung astringet yang bisa membuat jaringan tubuh menjadi lebih baik.
Anda bisa minum jus buah delima atau jika tidak suka dengan rasanya maka cukup berkumur dengan air dari jus delima. (baca juga: buah yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnya).

7. Akar Licorice
Akar licorice sudah dipercaya sebagai bahan alami yang bisa menyembuhkan berbagai jenis gangguan tenggorokan seperti obat radang tenggorokan. Akar licorice juga digunakan sebagai bahan permen yang membantu melegakan pernafasan. Efeknya sangat menyegarkan untuk tenggorokan seperti ketika Anda makan permen yang mengandung daun mint.
38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

Untuk menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat Anda bisa menggunakan pelega tenggorokan yang mengandung akar licorice, atau menggunakan akar licorice yang masih alami.

Biasanya toko herbal yang menyediakan bahan obat tradisional juga menjual akar licorice. Caranya adalah dengan mencampurkan akar licorice ke dalam air yang mendidih. Setelah itu diamkan hingga dingin. Lalu saring airnya dan gunakan untuk berkumur selama beberapa kali. Akar licorice juga bisa mencegah bahaya ISPA bagi kesehatan.

8. Akar Marshmallow
Akar marshmallow sering digunakan untuk mengobati rasa sakit radang tenggorokan. Dan budaya dari Mediteranian ini sudah lama dilakukan oleh masyarakat asli. Dan khasiatnya memang sangat luar biasa untuk membantu menjaga kesehatan tubuh serta membunuh bakteri atau virus penyebab infeksi pada tenggorokan.
Penelitian membuktikan jika perawatan radang tenggorokan dengan akar marshmallow akan mengobati iritasi pada selaput lendir seperti pada tenggorokan. Cara perawatan yaitu:

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari
  • Tambahkan satu atau dua bagian yang pendek dari akar marshmallow ke dalam satu cangkir air panas.
  • Kemudian tunggu hingga dingin lalu minum dan sedikit tahan di tenggorokan.
  • Anda juga bisa menambahkan madu untuk meningkatkan khasiat akar marshmallow.
9. Buah Mengkudu 
Mungkin banyak bagi anda yang tidak menyukai buah mengkudu ini karena rasa dan aroma nya yang memang dapat dibilang kurang sedap. Akan tetapi, buah ini sangat ampuh untuk menghilangkan batuk dan sakit radang tenggorokan secara cepat dan alami. Cara mengkonsumsinya, sediakan beberapa buah mengkudu lalu blender dengan menggunakan air hangat. Setelah itu minumlah jus mengkudu tersebut selagi masih hangat. Konsumsi obat herbal ini 3 kali dalam sehari. 

10. Belimbing Wuluh
Siapkan bahan ramuan berikut :
  • Bunga belimbing wuluh 10 biji
  • Daun bayam duri tua 15 lembar
  • Akar bayam duri 1 batang
  • Gula batu bubuk 1 sendok makan 
38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

Cara mengolah dan mengkonsumsinya : Bunga belimbing wuluh, daun bayam, dan akar bayam ditumbuk sampai halus menjadi satu, beri air panas sedikit lalu peras ambil airnya dan masukkan kedalam gelas berisi air 1/4, kemudian masukkan bubuk gula batu, aduk supaya tercampur rata. Minum pada pagi dan sore hari. 

11. Daun Patikan
Bahan-bahan nya yaitu sebagai berikut :
  • Daun patikan secukupnya
  • Kunyit 10 gram
  • Madu murni 5 gram
38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

Cara mengolah dan mengkonsumsinya : Kunyit kita iris-iris lalu rebus bersama dengan daun patikan dengan air sebanyak 2 gelas dan biarkan hingga airnya berkurang menjadi 1 gelas. Kemudian masukkan madu murni kedalam air rebusan sambil diaduk-aduk supaya tercampur rata, minum air ramuan tersebut dua kali sehari.

12. Daun Sirih
Untuk mengobati secara herbal sakit radang tenggorokan dengan daun sirih cukup sederhana caranya, ambila 3 lembar daun sirih lalu cuci bersih serta rendamlah didalam segelas air hangat. Setelah airya dingin, pakailah hasil rendaman daun sirih tersebut untuk berkumur. Cara berkumurnya dengan kepala agak mendongak keatas supaya air sampai ke tenggorokan. Bisa dilakukan 3 kali sehari. InsyaAllah dengan metode tradisional sederhana ini bisa membantu meredakan atau bahkan bisa mengobati penyakit radang tenggorokan yang sedang dialami.

13. Wortel Rebus
Seperti kita ketahui semua, wortel mengandung berbagai vitamin penting untuk tubuh. Diantaranya adalah A, vit C dan vit K. Selain itu, wortel juga mengandung serat serta potasium. Namun demikian, untuk menyembuhkan sakit radang tenggorokan, wortel harus direbus/dikukus terlebih dahulu. Sebab jika di makan dalam keadaan mentah, bisa jadi radang tenggorokannya malah akan lebih parah. 

14. Nanas
manfaat buah nanas terkenal cocok sebagai buah untuk mengobati sakit tenggorokan karena buah nanas mengandung vitamin C yang tinggi guna meningkatkan daya tahan tubuh dan juga bromelain yang berfungsi sebagai anti flamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang di timbulkan. Caranya cukup dengan blender satu buah nanas yang sudah di kupa dan dicuci bersih, dan minum dua kali sehari. Buah yang paling manjur dipakai adalah nanas. Setelah minum jus nanas, usahakan tidur selama  1 atau 2 jam agar nanasnya bekerja. Setelah bangun tidur, khasiat nanas dapat dirasakan, yaitu sakit tenggorokan akan berkurang dan terasa nyaman. Nanas adalah buah ajaib yang bisa meredakan sakit tenggorokan secara cepat. Cukup minum blenderan nanas, maka keesokan harinya akan sembuh. Nanas lebih efektif daripada obat, karena obat baru akan menyembuhkan selama 4-7 hari. 

15. Kulit Manggis
Obat tradisional radang tenggorokan bisa dengan kulit manggis karena kedua tersebut merupakan solusi tepat. Kulit manggis memiliki kandungan anti oksidan super Xanthones yang mampu mengobati radang tenggorokan dengan cara menekan peradangan dan juga membunuh virus dan bakteri yang ada dibagian tenggorokan tersebut. Zat xanthones pada kulit manggis ini mampu melawan bakteri dan virus yang sudah kebal sekalipun.

16. Pasta Gandum
Mengonsumsi pasta berbahan gandum yang lembut akan membuat tenggorokan Anda menjadi lebih nyaman. Selain itu, pasta gandum juga mengandung serat, zat besi, zinc, vitamin B1 B2 B3, dan vitamin E.

17. Sage 
Sage merupakan jenis tanaman yang biasa digunakan untuk obat-obatan herbal. Sage mengandung flavonoid yang bisa Anda tambahkan ke dalam teh atau sup jika berniat meredakan radang tenggorokan.

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

18. Oatmeal
Oatmeal mengandung serat yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat. Mengonsumsi oatmeal yang bertekstur lembut akan membuat radang tenggorokan cepat reda dan Anda bisa tahan kenyang lebih lama.

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

19. Teripang Emas
Teripang emas mengandung berbagai macam kandungan yang sangat bagus untuk mengobati berbagai penyakit. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, menyatakan bahwa teripang emas ini mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B1/thiamine, B2/riboflavin, vitamin B3/niacin. Selain itu, masih ada berbagai mineral, seperti zat besi, seng, magnesium, dan kalsium.

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

Kandungan ini memungkinkan teripang sebagai sumber makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian lain juga menemukan bahwa teripang emas ini mengandung vesikel polian yang mempunyai peranan penting sebagai organ antiperadangan. 
Selain itu, Dalam beberapa penelitian, Ekstrak teripang emas terbukti bermanfaat sebagai agen antibakteri dan antijamur. Teripang emas bekerja menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan cara membantu untuk mempercepat penyembuhan luka yang diakibatkan oleh peradangan pada tenggorokan. Hasil lain penelitian teripang emas yang termasuk kedalam kelompok species Golden Stichopus Variegatus ini juga mengemukakan bahwa teripang emas memiliki lebih dari 50 jenis kandungan elemen yang diperkaya dengan kandungan gizi, vitamin dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh dan pengobatan. Seperti Protein, 
Kolagen, beberapa jenis Mineral, Asam Amino, Saponin, Glucosamine, serta senyawa unggulan yaitu senyawa Gamapeptide.
Senyawa Gamapeptide di dalam teripang emas inilah yang berperan banyak dalam mengatasi radang tenggorokan, karena memiliki manfaat sebagai anti inflamasi (peradangan), menyembuhkan rasa sakit, 3 kali lebih cepat dalam mengobati luka luar dan dalam, melancarkan sirkulasi darah, memiliki kemampuan sebagai antibiotik alami.

20. Daun Sirsak
Daun sirsak Salah satu keajaiban/manfaat dari daun sirsak adalah sebagai antiinflamai (anti radang). Inflamasi atau peradangan merupakan respon perlindungan yang dilakukan oleh sel darah putih dan senyawa kimia lain di dalam tubuh terhadap serangan virus dan bakteri akibat cedera atau kerusakan jaringan. Sejak berabad-abad yang lalu, daun sirsak telah dimanfaatkan oleh suku asli Peru untuk mengobati inflamasi dengan cara diminum seperti the. Hasil penelitian di Brazil pada tahun 2010 menyebutkan bahwa ekstrak etanol daun sirsak memiliki aktivitas anti-inflamasi pada hewan percobaan.

21. Sambiloto
Penderita penyakit ini tak perlu panik karena ada tanaman herbal sambiloto yang bisa mengatasinya dengan sempurna. Tumbuhan yang dalam bahasa latinnya Andrographis paniculata adalah sejenis tanaman herba dari famili Acanthaceae, yang berasal dari India dan Sri Lanka. Sambiloto juga dapat dijumpai di daerah lainnya, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, serta beberapa tempat di benua Amerika.

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

Herbal ini rasanya pahit, dingin, dan bermanfaat sebagai anti radang dan antibiotik alami tanpa ada efek samping. Selain itu, sambiloto juga dapat sebagai diuretika yang memperlancar air seni, menurunkan panas badan, obat sakit perut, radang amandel, dan anti racun.
Salah satu resepnya: Siapkan 5 gr sambiloto, 10 gr kunyit, 40 gr daun lidah buaya (dikupas kulitnya). Kemudian bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum airnya secara teratur 2 kali sehari, jika diberikan kepada anak cukup 1 kali sehari, minum ramuan ini setelah makan.

22.  Daun Sambung Nyawa
Tidak berbeda dengan obat alami lainnya, daun ini juga dikenal anti radang yang baik. Caranya:
  • Gunakan 4 lembar daun sambung nyawa buat anak-anak atau tujuh lembar untuk dewasa.
  • Cuci lalu dimakan mentah atau dinikmati dengan dibuat jus.
  • Lakukan sehari sekali.
38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

23. Daun Pegagan
Dengan memanfaatkan tanaman ini banyak sekali penyakit yang dapat disembuhkan. Kandungan-kandungan senyawa yang berada di dalam pegagan seperti asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tannin serta garam mineral.

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

Glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang luar biasa. Caranya sebagai berikut:
Bahan : Daun pegagan 50 gram, kapulaga ditumbuk 50 gram, kencur diparut 50 gram, daun jinten dipipis 50 gram.
Cara meramu obat : Semua bahan direbus hingga mendidih, lalu disaring. Bisa ditambahkan madu. Minum ramuan tradisional ini sampai radang tenggorokan sembuh.

24. Kencur
Kencur sangat manjur dan efektif untuk obat herbal radang Tenggorokan Flu/Influenza, Batuk dan Pilek.
Cara Pembuatan: Kupas dan cuci bersih 1 ruas jari kencur dan jahe setelah itu anda parut. Setelah kencur dan jahe diparut beri ½ gelas air dan asam Jawa lantas aduk hingga rata dan kemudian anda saring. Minumlah ramuan tersebut sampai habis 2 kali sehari.

25. Daun Saga
Untuk obat batuk, radang tenggorokan dan panas dalam, metodenya yaitu: Ambil daun saga secukupnya kemudian remasremas dan peras airnya kemudian diminum airnya. Rasanya itu manis, manisnya khas banget, nempel banget, ada rasarasa daunnya. Agak aneh kalau buat saya sih.

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

26. Kunyit
Selain sebagai bumbu untuk para ibu memasak, kunyit juga bisa menjadi salah satu ramuan yang ampuh untuk menumpas rasa sakit saat radang tenggorokan. Bahan tambahan untuk mengolah kunyit menjadi obat sangat mudah di temukan. Bahan yang harus Anda siapkan seperti 2 ruas jari kunyit, 1 sdt garam. Caranya dengan, kupas kunyit hingga bersih, potong dengan halus, siapkan air 300 ml. Siapkan kompor, dan panci. Rebus kunyit tambahkan garam. Setelah mendidih diamkan hingga air rebusan menjadi hangat. Kumur dengan menggunakan air rebusan secara teratur 3 hingga 4 kali sehari.

27. Madu
Cairan manis ini merupakan salah satu bahan alami berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk sakit radang tenggorokan. Campurkan 1 sendok makan madu dengan air hangat lalu minum pada pagi hari. Madu dapat menyembuhkan iritasi pada tenggorokan secara alami.

28. Lemon
Lemon yang kaya dengan kandungan vitamin C ini juga mampu mengobati radang tenggorokan Anda. ramuan alami ini hanya membutuhkan tambahan madu. Sediakan 1 sdm lemon, serta 1 sdm madu. Campurkan dengan tambahan secangkir air hangat. Minum ramuan ini secara teratur 3 kali sehari. Tenggorokan pun akan berangsung-angsur membaik. Bila di rumah Anda tidak memiliki ketersediaan lemon, Anda juga bisa menggunakan madu saja. Hal ini dikarenakan, madu memiliki zat antibiotik yang sangat alami. Sehingga luka pada tenggorokan pun akan bisa berangsur sembuh.

29. Tanaman Alang-Alang
Tanaman alang-alang sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman herbal yang berkhasiat mengobati bermacam penyakit. Diantaranya melancarkan air seni, meredakan hipertensi hingga mengatasi keputihan. Termasuk mengobati sakit radang tenggorokan. Caranya, bersihkan 1 genggam batang alang-alang kemudian direbus hingga mendidih. Air rebusan disaring kemudian diminum sekali sehari.

30. Air Garam
Garam, Anda pasti tidak asing dengan bumbu yang satu ini. Salah satu bahan yang mudah di dapat ini ternyata mampu menyembuhkan radang tenggorokan Anda. Anda bisa mengobati sakit radang tenggorokan dengan 2 cara, yakni berkumur dengan air garam atau meminum air garam. Mengapa air garam di minum? Hal ini dikarenakan ia mampu menghilangkan panas ketika Anda meminumnya. Panas juga bisa menjadi salah satu penyebab dari radang tenggorokan. Garam memiliki fungsi sebagai antiseptik yang alami. Ia mampu membersihkan lendir yang berada di tenggorokan serta menghilangkan rasa sakitnya. Sebelum Anda menggunakan air garam untuk berkumur, Anda bisa memastikan suhu air normal, tambahkan sesendok teh garam, aduk hingga merata, kumur sehari 3x.

31. Pisang
Buah pisang juga ternyata bisa digunakan untuk meredakan penyakit radang pada tenggorokan. Caranya juga cukup mudah dan enak. Anda tinggal mengkonsumsi buah pisang tersebut seperti biasa. Kemampuan pisang dalam mengatasi radang tenggorokan adalah karena teksturnya yang lembut, mudah dicerna, dan kaya akan kandungan antioksidan serta vitamin C yang bagus untuk mengobati peradangan.

32. Telur Orak-Arik
Satu lagi makanan yang dapat membantu mengatasi radang tenggorokan, yaitu telur orak-arik. Telur bukan hanya kaya protein dan berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh, namun juga bisa meredakan pedih di tenggorokan dan meredakan radang di tenggorokan. Tapi ingat, jangan terlalu banyak garam dan minyak saat mengolahnya karena dapat memperparah peradangan di tenggorokan.

33. Teh Jahe
Siapa yang tidak tahu jahe. Bahan yang sering digunakan menjadi penghangat tubuh ini juga bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Hal ini dikarenakan ia memiliki kandungan zingiberin yang sangat membantu menghilangkan racun yang berada di tubuh, serta lebih meningkatkan sirkulasi darah. Jahe, bisa digunakan sebagai obat radang tenggorokan, dikarenakan ia memiliki khasiat seperti anti inflamasi. Khasiat ini akan sangat membantu untuk pembunuhan bakteri-bakteri jahat yang ada di tubuh. Anda bisa mengiris beberapa ruas jahe, tambahkan dengan secangkir teh hangat.

34. Buah Belimbing
Tahukah Anda bila buah yang memiliki bentuk seperti bintang ini mampu mengobati radang tenggorokan? Buah ini memiliki khasiat anti-radang yang dapat Anda pergunakan untuk mengobati peradangan yang berada di tenggorokan. Cara yang bisa Anda lakukan dengan mengonsumsinya secara langsung. Cara lain, Anda bisa membuatnya sebagai jus. Namun hindari menambahkan gula.

35. Bawang Putih
Bahan yang sering dipergunakan para ibu untuk bumbu masakan ini ternyata bisa mengobati sakit seperti tenggorokan. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan senyawa bernama allicin. Allincin adalah zat yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri. Prosesnya sangat mudah, Anda bisa mengunyah bawang putih, dan kumur dengan menggunakan air hangat. Bawang yang Anda kunyah ini dalam keadaan yang mentah, bukan bawang yang telah Anda masak. Setelah berkumur, Anda bisa meminum air campuran madu.

36. Sup Ayam
Dari berbagai macam obat tradisional yang alami, sepertinya sup ayam lah yang menjadi idola. Sup ayam ialah obat untuk radang tenggorokan paling enak dan lezat. Kaldu yang berada di dalam sup ayam ini akan membantu Anda untuk menghangatkan tubuh serta mampu membuat tenggorokan menjadi hangat. Sup ini baik di konsumsi ketika tenggorokan Anda gatal seperti ingin batuk. Ia dapat merangsang pengeluaran lendir yang berada di dalam tenggorokan.

37. Teh Chamomile
Mungkin bagi Anda yang bukan pecinta teh kurang familiar dengan teh yang satu ini. Teh chamomile, selain sebagai minuman teh biasa, ternyata ia juga mampu mengurangi sakit pada radang tenggorokan. Teh ini mampu mengatasi peradangan. Anda bisa menyeduh 2 buah kantong teh dengan segelas air yang mendidih. Tidak perlu menambahkan gula, untuk mendapatkan rasa manis, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan madu. Tambahkan beberapa sendok madu agar terasa lebih manis alami. Minum teh ini selagi masih hangat.

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari

38. Daun Kemangi
Sepertinya untuk mendapatkan daun ini bukan perkara yang sulit. Anda bisa mendapatkannya dengan bebas di swalayan. Daun ini ternyata ampuh untuk menumpas radang tenggorokan. Caranya dengan merebus daun kemangi. Setelah mendidih, Anda bisa meminum air rebusan dari daun. Selain meminum air rebusan daun, Anda bisa berkumur dengan air rebusan. Kumuran air rebusan ini akan mampu mengurangi radang tenggorokan Anda.

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari
Saya merekomendasikan dengan obat radang tenggorokan ini sebanyak 39 jenis agar Anda bisa leluasa memilih, mana yang paling mudah didapat dan mana yang sesuai selera Anda. Semoga memberikan sedikit manfaat. Lekas sembuh ya...!

38 Obat Radang Tenggorokan Terbaik Alami yg Paling Dicari Rating: 5 Posted By: saep

0 komentar: