Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Amandel - Obat, Bahaya, Penyebab, Gejala dan Pencegahannya

Amandel - Obat, Bahaya, Penyebab, Gejala dan Pencegahannya ~ Salah satu penyakit yang berkaitan erat dengan masalah tenggorokan adalah amandel. Amandel merupakan suatu penyakit yang cukup berbahaya serta sering dialami, penyakit ini terletak pada bagian tenggorokan. Penyakit amandel ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu amandel akut dan kronis.

Penderita penyakit ini memang umumnya adalah anak-anak, tapi tidak menutup kemunngkinan amadel ini bisa dialami oleh siapa saja dan bisa dialami pada umur berapa saja. Sekalipun usia lanjut pun juga bisa mengalami penyakit ini.

Amandel - Obat, Bahaya, Penyebab, Gejala dan Pencegahannya

Bahaya Amandel

Penyakit amandel jika dibiarkan begitu saja akan sangat berbahaya. Karena hampir sekitar 70% penyebab dari penyakit amandel adalah dari makanan. Dan jika hal ini dibiarkan maka akan sangat mengganggu tenggorokan Anda, tenggorokan adalah jalan dari pernapasan dan juga sistem pencernaan didalam tubuh. dan jika kondisinya sudah seperti ini maka akan menyebabkan penyakit amandel semakin kronis. Bahaya penyakit amandel adalah:

  • Penurunan nafsu makan 
Bahaya penyakit amandel yang lainnya adalah nnafsu makan yang semakin menurun. Kondisi dari radang amandel yang akan membuat tenggorokan gatal dan terasa tidak nyaman. Untuk bisa menelan saja rasanya sangat sakit, apalagi untuk makan dan juga minum. Namun jarang sekali para penderita penyakit amandel merasakan hal ini. Penderita amandel biasanya akan berusaha tidak makan terlalu banyak disaat sedang mengalami radang amandel. 

  • Penurunan pasokan oksigen 
Radang amandel yang lama kelamaan terlalu sering menyerima serangan dari bakteri serta virus bisa menimbulkan tonsil menjadi mengalami pembesaran, dan keadaan seperti ini disebut dengan hipertrofi. Pembesaran dari tonsil pada akhirnya akan menimbulkan terbentuknya ruang pernapasan yang semakin lama semakin sempit. Dan dampaknya adalah akan menyebabkan suplai oksigen didalam tubuh lama kelamaan akan semakin sedikit. Kondisi yang seperti ini akan semakin membuat sistem pernapasan menjadi semakin buruk.
  • Komplikasi pada saluran THT 
Bahaya penyakit amandel yang lainnya jika kondisi amandel lama kelamaan semakin kronis, dan mengalami pembesaran, bahkan bisa menimbulkan sistem pernapasan tersumbat, maka akan menyebabkan komplikasi pada saluran THT (Telinga Hidung Tenggorokan). Dan jika sudah begini, maka yang dibutuhkan adalah tindakan medis yang harus dilakukan pembedahan.
  • Penurunan daya konsentrasi 
Bahaya penyakit amandel yang lainnya adalah daya konsentrasi yang semain menurun. Suplai oksigen yang sedikit didalam tubuh akan dikat oleh darah untuk bisa disalurkan ke dalam otak dan pada akhirnya akan menyebabkan fungsi otak semakin menurun. Otak akan sangat membutuhkan asupan suplai oksigen agar bisa berfungsi semakin lebih baik. dan kurangnya dari asupan oksigen akan menimbulkan daya konsentrasi serta daya ingat semakin menurun.

  • Kekurangan asupan gizi 
Bahaya penyakit amandel yang selanjutnya adalah kebutuhan asupan nutrisi yang semakin berkurang didalam tubuh, dan dampak terburuknya adalah tubuh akan mengalami kekurangan asupan nutrisi. Kebutuhan dari tubuh untuk asupan kalori supaya bisa menjaga stamina didalam tubuh dan juga zat besi yang dibutuhkan oleh darah, adalah suatu hal yang sangat penting yang akan meningkatkan sistem kekebalan didalam tubuh kita. Dan jika asupan nutrisi mengalami penurunan, maka akan membuat sistem daya tahan tubuh juga akan semakin menurun. Keadaan seperti ini akan menimbulkan radang amandel mengalami pembesaran.

  • Gangguan kondisi piskologis 
Bahaya penyakit amandel akan merasa stress dengan yang mereka alami. Hal ini akan sangat mengganggu. Karena bahaya penyakit amandel dipikir sakit amandel bukanlah suatu penyakit yang sederhana. Sakit yang dirasakan akan menyebabkan ketenangan pikiran menjadi semakin terganggu. Selain itu, rasa nyeri yang bisa dirasakan diseluruh badan, mengalami sakit kepala, menggigil, dan juga demam, yang akan terasa oleh si penderita sekitar selama 1 minggu-2minggu semuanya tergantung dari tingkat keparahan penyakit amandel.

Amandel - Obat, Bahaya, Penyebab, Gejala dan Pencegahannya 

Penyebab Amandel

Penyebab amandel bisa di karena virus dan juga bakteri yang menginfeksi bagian kelenjar. Virus dan bakteri bisa terjadi akibat tertular, atau pun masuk secara langsung ke dalam tubuh. salah satu yang bisa memicu penyakit amandel juga karena batuk atau pun penyakit flu. Selain itu jika gigi atau pun gusi sedang sakit akibat kotor karena virus dan bakteri maka juga bisa menginfeksi bagian kelenjar dan mengakibatkan amandel membesar. Penyakit amandel pun bisa diperoleh akibat makanan makanan yang tidak sehat, kurang bersih atau pun mengandung bahan kimia tertentu. Oleh sebab itu ada berbagai macam penyebab amandel yang bisa dialami oleh setiap orang.

Gejala Amandel

Amandel dapat terjadi jika kelenjar membesar yang di sebabkan oleh infeksi atau pun karena faktor lain nya. amandel juga akan menimbulkan masalah yang mengganggu jika gejala nya mulai menyerang, sehingga pada saat pembesaran amandel maka mulai muncul beberapa gejala amandel. Untuk gejala amandel yang akan dialami maka biasa nya akan di mulai dengan demam. Setelah demam, gejala amandel akan berlanjut dengan sakit tenggorokan, setelah itu maka akan sulit untuk minum dan juga makan akibat kelenjar yang semakin besar semakin hari nya, karena infeksi akan selalu berlanjut jika tidak segera di hentikan.

Amandel - Obat, Bahaya, Penyebab, Gejala dan Pencegahannya

Pencegahan Amandel

Pencegahan penyakit amandel tidak hanya bisa di lakukan oleh orang yang belum pernah mengalami penyakit amandel saja, namun orang yang pernah menderita penyakit amandel pun bisa di melakukan nya. karena penyakit amandel bisa kambuh, maka dari itu pencegahan amandel bisa di lakukan oleh siapapun. Untuk mencegah amandel maka yang bisa di lakukan dengan menghindari infeksi. Menghindari infeksi bukan nya sulit untuk di lakukan karena virus dan bakteri tidak dapat di lihat, namun jika ingin mencegah bakteri ada cara nya. cara mencegah nya dengan meningkatkan daya tahan tubuh, karena secara alami tubuh bisa melindungi tubuh dari penyakit, termasuk dari infeksi bakteri. oleh sebab itu meningkatkan daya tahan merupakan hal yang penting di lakukan sehingga terhindar dari penyakit amandel. Meningakatkan daya tahan tubuh bisa dari suplemen alami dari tumbuhan atau pun bauh buahan.

Amandel - Obat, Bahaya, Penyebab, Gejala dan Pencegahannya

Obat Amandel Alami

Amandel yang tidak diobati atau tidak langsung di hentikan infeksi nya maka bisa memciu pembesaran kelenjar semakin parah, dan aikibat nya yang akan terjadi bisa menyebabkan kelenjar menutup tenggorokan atau menghalangi tenggorokan, maka jika di gunakan akan semakin terasa sakit. Cara mengobati radang amandel bisa di lakukan dengan cara alami atau pun cara tradisional, karena penyakit amandel bukan penyakit yang baru baru ini terjadi. Jika ingin cepat menyembuhkan penyakit amandel yang membesar akibat beberapa hal yang di lakukan, maka cara mengobati radang amandel yang alami bisa menjadi solusi nya. dan berikut cara mengobati radang amandel yang dapat di lakukan:
  • Bawang merah
Bawang merah dapat di gunakan untuk menyembuhkan masuk angin, selain itu bawang merah juga bisa di gunakan untuk cara mengobati radang amandel alami. Cara mengobati radang amandel dengan bawang merah pun sangat mudah di gunakan, dengan mengunyah bawang merah yang telah di kupas bersih makan akan menjadi obat amandel yang cukup ampuh menyembuhkan amandel yang membesar.
  • Jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin c dan juga aroma yang menyegarkan, namun jeruk nipis memiliki rasa yang sangat asam. Tetapi rasa asam yang di miliki oleh jeruk nipis tidak berbahaya, sehingga jeruk nipis dapat di gunakan untuk menyembuhkan penyakit. cara mengobati radang amandel pun dapat di lakukan dengan menggunakan jeruk nipis. Air jeruk nipis peras bisa di minum untuk mengobati amandel. Minum air jeruk dengan rutin yang bisa dicampurkan dengan madu atau pun tanpa madu.
  • Daun benalu
Cara mengobati amandel juga dapat di lakukan dengan menggunakan bahan alami dari daun benalu. Cara mengobati radang amandel dengan menggunakan daun benalu, cara nya dengan manghaluskan daun benalu dan dicampurkan dengan menggunakan air hangat untuk di minum.

Itulah informasi yang menurut kami cukup lengkap dalam pensajiannya mengenai seputar pengertian, bahaya, penyebab, gejala, pencegahan dan yang lebih penting adalah obat amandel yang tersaji secara alami diatas. Semoga artikel ini memberikan sedikit kontribusi kepada dunia kesehatan dan mudah-mudahan masalah Anda dapat segera teratasi.

Amandel - Obat, Bahaya, Penyebab, Gejala dan Pencegahannya Rating: 5 Posted By: Gudang Pedang

0 komentar: