Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Radang Tenggorokan Akut - Obat, Gejala dan Bahayanya

Radang Tenggorokan Akut - Obat, Gejala dan Bahayanya ~ Radang tenggorokan akut adalah suatu keadaan peradangan yang terjadi pada bagian pharinx. Hal ini terjadi disebabkan dari dibiarkannya radang tersebut dalam waktu cukup lama tanpa adanya penanganan intensif dan sikap tertentu yang serius.
Umumnya para perokok terbilang sangat rentan terhadap penyakit radang tenggorokan akut ini, apalagi jika mereka enggan berusaha berhenti pada saat mengalami radang tersebut. Radang tenggorokan sendiri pada dasarnya bukanlah sebuah penyakit, ia hanya sebatas gejala bahwa ada sesuatu yang terganggu pada bagian tenggorokan.
Namun ketika hal tersebut dibiarkan, maka radang tenggorokan akut akan menjelma menjelma menjadi penyakit yang membahayakan. Untuk itu anda perlu cermat dan sigap mengambil langkah pengobatan ketika radang itu terjadi.

Radang Tenggorokan Akut - Obat, Gejala dan Bahayanya

Bahaya Radang Tenggorokan Akut

Penyakit radang yang kerap dianggap remeh ini ternyata bisa menjadi 'bom atom' bagi penderitanya. Radang tenggorokan yang dibiarkan bersarang di dalam tubuh anda, jika tidak diobati akan menjadi sangat berbahaya. Akibat buruk yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan bisa menjalar ke paru paru, jantung dan merusak sistem pernapasan. Dibawah ini ulasan lengkapnya:

1. Muncul campak
Radang tenggorokan menjadi indikasi akan terkena suatu penyakit tertentu. Ketika anda merasakan radang tenggorokan yang tak kunjung sembuh, bahkan sampai 5 hari setelahnya, sepantasnya Anda merasa resah dan gundah. Apalagi jika ada gejala lain seperti nafsu makan yang terus menurun, disertai batuk dan muncul bisul kecil kecil mungkin memang anda terinfeksi virus lain. Biasanya menurut gejala yang timbul, anda terjangkit penyakit campak, ironinya Anda akan lebih lama untuk sembuh. Virus yang menjamah tubuh anda adalah epstein barr yang menyebabkan tubuh terkena infeksi mono nukleus. Sebab virus ini akan menyerang sistem limpa anda dan terjadi pembengkakan di sekitar pembuluh yang berada di leher.

2. Indikasi penyakit kuning (hepatitis)
Ketika radang tenggorokan anda terasa semakin akut berkelanjutan. Bahkan sampai 6 minggu terus-menerus, kemungkinan ini adalah gejala dari penyakit lain, atau bisa jadi virus yang menyerang bagian hati. Kondisi ini akan membuat anda terkena penyakit kuning. Penularan virus yang menginfeksi tubuh biasanya memang melalui ludah, seperti ketika secara tidak sengaja mencium seseorang yang tubuhnya terdapat virus ini. Itulah mengapa virus ini disebut kissing disease. Selain itu, bisa juga menjalar melalui handuk dan alat makan yang di gunakan bersama-sama

3. Rusaknya klep jantung
Jika rusak klep motor pada bagian sockbeacker misalnya, akan terjadi merembesnya oli, dan pada akhirnya ia tidak berfungsi secara maksimal. Sekarang bayangkan jantung. Untuk kalangan bakteri, ia sudah mampu merusak bagian klep jantung. Biasanya bagian dari grup A betahemolitis streptococcus. Salah satu gejalanya adalah sore throat atau radang tenggorokan. Namun beberapa penyakit jantung banyak dipengaruhi oleh pola makan yang salah dan gaya hidup tidak sehat yang terus-menerus dilakukan.

4. Sinusitis
Komplikasi yang semakin parah dari radang tenggorokan bisa menyebabkan sinusitis. Hal ini di sebabkan karena bakteri streptococcus sudah menyerang sinus anda dan merusaknya.

5. Bronkhitis
Radang tenggorokan yang semakin parah juga bisa menjadi komplikasi dari radang paru-paru atau bronkhitis. Hal ini dikarenakan bakteri yang sudah masuk merusak tenggorokan serta menjalar untuk merusak paru paru anda. Kondosi bronkhitis ini diperparah dengan bahaya merokok bagi kesehatan dan adanya flek paru-paru.

6. Radang ginjal
Terjadinya radang ginjal salah satu gejalanya adalah radang tenggorokan yang sudah semakin parah. Bakteri yang menyebabkan radang tersebut semakin menjalar dan merusak ginjal.

7. LPR (Laryngo pharyngenal reflux)
Terjadi apabila asam perut mengalir balik ke dalam saluran makanan (esofagus) dan ke dalam tenggorokan dan kotak suara (laring). Gejala radang tenggorokan mungkin juga karena adanya tanda bahwa anda terkena LPR. Biasanya penderita ini sudah mengalami alergi dengan di tandai sakit tenggorokan di pagi hari. Hal ini terjadi bersamaan dengan gejala asam lambung naik, lalu masuk ke belakang tenggorokan anda. Anda merasa ada benjolan di tenggorokan dan rasanya asam. Penderita mulai sering betuk untuk mengeluarkan dahak. Hal ini terjadi otomatis dari sistem tubuh yang berusaha membersihkan tenggorokan.

Selain 7 bahaya tersebut, penyakit ini juga bisa muncul karena sistemik atau sakit karena ada pengaruh dari penyakit lain, misalnya :
  1. Kencing manis (diabetes)
  2. Sakit liver

Radang Tenggorokan Akut - Obat, Gejala dan Bahayanya

Gejala Radang Tenggorokan Akut

Beberapa gejala yang muncul ketika seseorang mengalami radang tenggorokan akut ini yaitu:

  • Suara menjadi serak
  • Saat diperiksa ada benjolan warna merah pada tenggorokan (amandel).
  • Demam, kalau akut demam tinggi, sub akt menengah dan radang tenggorokan kronis terkadan bergejala demam.
  • Terkadang batuk disebabkan gatal di tenggorokan dan berdahak, tetapi batuk ini tidak terlalu menonjol.
  • Rasa kering dan panas di tenggorokan.
  • Rasa sakit seakan menjalar pada telinga dan hidung.
  • Nyeri atau sakit tenggorokan yang bisa ridasakan adalah rasa saat menelan.
Gejala tersebut akan muncul selama 1 – 2 hari. Namun pada seseorang yang daya tahan tubuhnya melemah, akan sampai satu minggu. Jika anda merasa terkena gejala di atas, cukup di berikan obat obatan untuk menghilangkan gejalanya saja. Tidak perlu sampai di berikan antibiotik.

Radang Tenggorokan Akut - Obat, Gejala dan Bahayanya

Obat Alami Radang Tenggorokan Akut

  • Daun sage

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan daun sage untuk mengatasi radang tenggorokan akut, karena daun alami ini termasuk daun yang terbukti sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa mencampurkan 1 sdt daun sage dengan air hangat secukupnya. Tunggu selama beberapa saat lantas minum ramuan alami ini.

  • Daun Mind

Teh daun mint adalah salah satu bahan yang akan membuat radang tenggorokan akut mereda. Bahan ini bisa memberikan efek melegakan saluran pernafasan, asma, meringankan iritasi pada bagian tenggorokan dan melawan penyeban infeksi seperti virus atau bakteri. 

Cara perawatan ini dilakukan dengan mencampur beberapa helai daun mint yang masih segar ke dalam satu cangkir ai hangat. Kemudian biarkan selama beberapa saat. Setelah itu gunakan teh ini untuk berkumur dan tahan di bagian tenggorokan. 
Anda juga bisa meminum teh ini untuk mendapatkan manfaat penyembuh radang tenggorokan akut yang lebih cepat.

  • Mengkudu 

Mungkin banyak bagi anda yang tidak menyukai buah mengkudu ini karena rasa dan aroma nya yang memang dapat dibilang kurang sedap. Akan tetapi, buah ini sangat ampuh untuk menghilangkan batuk dan sakit tenggorokan secara cepat dan alami. Cara mengkonsumsinya, sediakan beberapa buah mengkudu lalu blender dengan menggunakan air hangat. Setelah itu minumlah jus mengkudu tersebut selagi masih hangat. Konsumsi obat herbal ini 3 kali dalam sehari.

  • Sambiloto

Penderita penyakit ini tak perlu panik karena ada tanaman sambiloto yang bisa mengatasi peradangan akut dengan sempurna. Tumbuhan yang dalam bahasa latinnya Andrographis paniculata adalah sejenis tanaman herba dari famili Acanthaceae, yang berasal dari India dan Sri Lanka. Sambiloto juga dapat dijumpai di daerah lainnya, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, serta beberapa tempat di benua Amerika.
Herbal ini rasanya pahit, dingin, dan bermanfaat sebagai anti radang dan antibiotik alami tanpa ada efek samping. Selain itu, sambiloto juga dapat sebagai diuretika yang memperlancar air seni, menurunkan panas badan, obat sakit perut, radang amandel, dan anti racun.

Salah satu resepnya: Siapkan 5 gr sambiloto, 10 gr kunyit, 40 gr daun lidah buaya (dikupas kulitnya). Kemudian bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum airnya secara teratur 2 kali sehari, jika diberikan kepada anak cukup 1 kali sehari, minum ramuan ini setelah makan.

kunci dari kesuksesan Anda mengatasi radang tenggorokan aku adalah keseriusan, keelatenan serta konsekwen dalam mengobainya. Tidak peduli seberapa paten merk obat tersebut, tanpa Anda melakukan hal tersebut percuma saja. Semoga bermanfaat!

Radang Tenggorokan Akut - Obat, Gejala dan Bahayanya Rating: 5 Posted By: saep

0 komentar: