Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Tenggorokan Gatal - Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya. Share ya!

Tenggorokan Gatal - Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya. Share ya! Tenggorokan gatal dapat diartikan sebagai sensasi gatal yang meresahkan di tenggorokan yang biasanya terjadi sebagai salah satu tanda-tanda dari infeksi saluran pernapasan atas dan faringitis (radang tenggorokan). Gatal pada tenggorokan biasanya sembuh dalam beberapa hari dengan perawatan suportif di rumah. 

Tenggorokan Gatal - Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya. Share ya!
 
Gatal pada Tenggorokan ialah gejala yang biasanya disertai dengan beberapa gejala lain seperti demam, nyeri di tenggorokan, kesulitan menelan, nyeri saat menelan, batuk, dan lain-lain. Tenggorokan gatal sering kali terjadi pada radang tenggorokan, infeksi saluran pernapasan atas dan alergi.
Mengetahui penyebab tenggorokan gatal akan memudahkan kita untuk mengatasinya dan dapat menuntun dokter untuk memilihkan obat tenggorokan gatal yang tepat.

Penyebab Tenggorokan Gatal

Anda perlu untuk mengetahui asal usul atau penyebab terjadinya sakit tenggorokan gatal, sebab itu bisa membantu Anda untuk menentukan apa yang harus dilakukan berikutnya. Namun, jika tidak pasti, Anda bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan).
Sudah disebutkan sebelumnya bahwa gatal di tenggorokan adalah gejala yang dapat disebabkan oleh berbagai penyakit. Beberapa penyebab yang sering menyebabkan tenggorokan gatal antara lain:
  • Alergi
Alergi terhadap makanan tertelan atau minuman atau partikel yang terhirup juga merupakan penyebab tenggorokan gatal yang tak kalah sering. Tenggorokan gatal karena alergi biasanya mudah dibedakan dari penyebab lainnya, yaitu memiliki ciri khas gejala muncul ketika terpepar dengan zat yang menyebabkan alergi (alergen). Gejalanya dapat berlanjut lebih lama dan lebih sering disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, hidung meler, mata berair, dan lain-lain.
  • Kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk seperti terlalu sering minum soda, teh, kopi dapat menyebabkan dehidrasi yang kemudian dapat menimbulkan gatal pada tenggorokan. Obat-obatan antidepresan dan berbagai jenis narkoba juga dapat menyebabkan dehidrasi sekaligus iritasi pada tenggorokan. Iritasi dan tenggorokan gatal berisiko dialami juga oleh para perokok karena rokok bersifat mengeringkan tenggorokan. Segera hentikan semua kebiasaan buruk ini.
  • Iritasi
Iritasi oleh zat kimia (bahan kimia industri, dll) dan polusi udara dapat menyebabkan iritasi lokal dan mengakibatkan gatal di tenggorokan. Asap rokok (baik perokok aktif maupun pasif ) juga dapat mengalami iritasi pada tenggorokan dan menyebabkan tenggorokan gatal.
  • Infeksi
Infeksi adalah salah satu penyebab tenggorokan gatal yang paling umum. Terutama infeksi saluran pernapasan atas. Gejala lain juga dapat terjadi bersamaan seperti sakit tenggorokan atau faringitis. Tenggorokan gatal bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan jamur. Infeksi bakteri (radang tenggorokan, dll) dan infeksi virus (pilek, flu, dll) dapat terjadi pada orang sehat, namun, infeksi jamur biasanya terjadi pada orang dengan sistem imun yang lemah misalnya pada orang dengan AIDS, kemoterapi anti-kanker, penggunaan steroid berkepanjangan, diabetes mellitus, penerima transplantasi organ, dan lain-lain.
  • Tarik suara
Ketegangan yang berlebihan pada laring (pita suara) dapat terjadi karena berteriak atau bernyanyi berkepanjangan karena bekerja didunia tarik suara. Hal ini juga bisa menjadi penyebab tenggorokan gatal.
Pada penyakit ini terjadi refluk atau asam lambung yang naik ke asa sampai tenggorokan menyebabkan rasa panas di dada heartburns dan leher, kadang-kadang juga dapat menyebabkan tenggorokan gatal karena refluks asam sampai ke tenggorokan.
Penyebab lainnya Ada banyak kondisi lain yang dapat mengakibatkan gatal di tenggorokan. Namun, ini adalah penyebab yang cukup langka. Contohnya: Pneumonia, Bronchitis, sindrom Sjögren, tumor ganas di tenggorokan, trauma pada tenggorokan, muntah, dan lain-lain.

Tenggorokan Gatal - Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya. Share ya!

Cara Mudah Mengatasi Tenggorokan Gatal

Banyak orang mengalami sakit atau gatal pada tenggorokan selama musim alergi atau karena flu. Untungnya, ada berbagai metode yang bisa dilakukan, alami maupun pengobatan medis, untuk meringankan gejala tenggorokan gatal dengan cepat dan efektif.  Berikut diantaranya:

1. Minum madu, diketahui madu terbukti efektif menjadi obat alami untuk sakit tenggorokan. Madu yang dikonsumsi bersama dengan teh jahe bisa lebih membantu.

2. Permen pelega tenggorokan, mengonsumsi permen bisa membantu mengeluarkan air liur sehingga mengurangi kekeringan serta gatal yang muncul di tenggorokan.

3. Berkumur dengan air garam, buatlah air hangat yang ditambahi sedikit garam lalu berkumur-kumur sebelum tidur.

4. Jika sedang musim dingin cobalah menggunakan pelembab udara, karena jika lingkungan kurang lembab bisa memicu gatal di tenggorokan.
Cara lain dalam menaklukkan tenggorokan gatal adalah dengan menggunakan obat-obatan.

Tenggorokan Gatal - Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya. Share ya!

Menghirup uap panas
Obat kuno untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.

Permen pelega tenggorokan
Produksi air liur ketika Anda mengisap permen pelega tenggorokan akan membuat tenggorokan lebih basah dan mengurangi rasa gatal. Permen pelega tenggorokan juga membantu mengurangi rasa sakit.

Cengkeh
Cengkih atau cengkeh merupakan salah satu bahan herbal yang baik untuk megobati sakit tenggorokan. Cara Membuatnya cukup mudah. Siapkan serbuk cengkih sebanyak 1-2 sendok teh dan setengah gelas air matang. Campurkan cengkih dan air,pergunakan campuran serbuk cengkeh dan air tersebut untuk berkumur. Cengkih mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Makan bawang putih
Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang merupakan agen pembunuh bakteri. Jadi cobalah mengunyah bawang putih agar mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi tenggorokan gatal.

Dekongestan
Saat hidung tersumbat, Anda cenderung bernapas melalui mulut sehingga berisiko mengalami tenggorokan kering. Tenggorokan kering bersamaan dengan kondisi post nasal drip (sensasi lendir berlebihan di belakang hidung) dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal. Pseudoephedrine adalah salah satu kandungan dalam obat dekongestan yang dapat membantu Anda kembali bernapas normal karena dapat membersihkan hidung tersumbat. Dengan kata lain, obat dekongestan dapat membantu meringankan tenggorokan gatal.

Jus buah belimbing
Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati tenggorokan gatal. Caranya ambil 100 gram buah belimbing manis, lalu dibuat jus dan diminum.

Obat kumur
Obat kumur yang mengandung mentol dapat mengurangi iritasi dan rasa gatal. Berkumur-kumurlah beberapa kali tiap hari.

Antihistamin dan analgesik
Obat-obatan antihistamin dapat membantu meredakan tenggorokan gatal. Obat-obatan analgesik, seperti ibuprofen dan aspirin, juga dapat membantu meredakan nyeri yang terkait dengan kondisi tenggorokan gatal. Apabila Anda ingin menggunakannya, ikuti petunjuk dosis yang tepat untuk dewasa atau anak-anak.

Teh jahe
Anda bisa menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Lalu, campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.
Jika tenggorokan gatal yang dialami disertai dengan kesulitan bernapas, ruam yang muncul bersama dengan gatal maka sebaiknya segera cari pertolongan medis karena ada kemungkinan tanda-tanda reaksi alergi anafilaksis yang bisa mengancam jiwa.

Tenggorokan Gatal - Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya. Share ya! Rating: 5 Posted By: saep

0 komentar: