Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Tenggorokan Kering - Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

Tenggorokan Kering - Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan - Tenggorokan kering (faringitis) ditandai dengan rasa gatal, kering, dan luka di tenggorokan, dan terasa sakit ketika berbicara atau menelan makanan. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu aktifitas harian kita yang sangat sulit untuk ditinggalkan.

Tenggorokan kering umumnya akan sembuh dengan sendirinya atau saat diberikan pengobatan. Biasanya yang paling sering dirasakan adalah ketika bangun tidur. Sebaiknya bagi yang sering merasakan gejala ini, sebelum tidur anda wajib menyediakan air hangat dalam termos didekat tempat tidur, guna untuk mempermudah dan sebagai langkah awal pencegahannya.

Tenggorokan Kering

Penyebab Tenggorokan Kering

Selain infeksi virus seperti pilek atau influenza, ada beberapa penyebab lain dari tenggorokan kering seperti tercantum di bawah ini:

Kekurangan cairan

Penyebab umum tenggorokan kering adalah rendahnya tingkat cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Jadi minumlah banyak cairan dan hindari makanan asin untuk mencegah dehidrasi serta tenggorokan kering.

Panas dalam 

Panas dalam dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C, kekurangan serat, memakan makanan yang bersifat panas dan berlemak seperti gorengan, atau bahkan karena cuaca panas yang sangat berpengaruh pada keringnya tenggorokan. Gejala panas dalam seperti tenggorokan ketring dapat juga disebabkan oleh faktor lingkungan dan faktor emosional.

Kecanduan nikotin

Merokok dan penyalahgunaan obat bisa memicu tenggorokan kering. Kandungan dari zat tersebut memicu tubuh mengeluarkan cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan berhenti merokok, atau setidaknya mengurangi kuantitasnya.

Efek makanan botulisme

Keracunan makanan botulisme merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum. Racun bakteri ini memblokir fungsi saraf, mengakibatkan kelumpuhan pernafasan dan muskuloskeletal. Dalam 12 sampai 36 jam setelah terinfeksi, gejala seperti tenggorokan dan mulut kering langsung timbul.

Alergi

Alergi yang disebabkan oleh makanan atau paparan bahan kimia tertentu atau perubahan lingkungan dapat pula menyebabkan tenggorokan kering.
Ada banyak produk pembersih rumah tangga yang mengandung bahan kimia kuat yang berpotensi memicu tenggorokan kering.

Kondisi medis khusus

Radang tenggorokan, batuk kronis, penyakit gastroesophageal refluks, radang tenggorokan, dan kanker kelenjar ludah adalah beberapa kondisi medis yang bisa memicu tenggorokan kering.
Mengobati kondisi yang mendasari merupakan kunci untuk meringankan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan tenggorokan kering.

Udara kering

Cuaca dingin mengurangi tingkat kelembaban udara. Udara kering yang masuk dalam tenggorokan akan menyebabkan rasa kering dan gatal.

Tarik suara

Senantiasa berteriak atau bersuara keras bisa memicu tenggorokan kering dan gatal. Karena itu, jika ini pekerjaan Anda, imbangilah dengan pola hidup sehat dengan makanan yang mengandung cairan tinggi.

Infeksi

Tenggorokan kering terutama disebabkan oleh infeksi. Gejala paling umum meliputi perasaan kering dan gatal di tenggorokan, pembengkakan, serta rasa sakit saat menelan, berbicara, dan bernapas.
Tenggorokan sakit atau kering juga merupakan gejala dari tonsilitis dengan gejala meliputi ketidakmampuan menelan, amandel bengkak, demam tinggi, ruam di sekitar tenggorokan, dan batuk kering.

Tenggorokan Kering

Pencegahan dan Pengobatan

Sebenarnya ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi sakit tenggorokan. Berikut ini di antaranya:

  • Perbanyak minum air
Saat tenggorokan kering menyerang, minumlah air putih hangat. Selain itu, Anda juga bisa minum teh hangat, dan bisa pula menambahkan air putih hangat dengan jeruk nipis atau madu. Minum air juga bisa menjaga kelembaban di tenggorokan.
  • Makan sup ayam
Selain nikmat, ternyata sup ayam juga bisa untuk mengobati sakit tenggorokan kering. Kandungan natrium dalam kaldu ayam diyakini memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi atau anti-radang.
  • Mengunyah dan makan bawang putih
Kandungan allicin yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri pada bawang putih akan keluar saat dikunyah. Kunyahlah hingga lumat bawang putih dalam potongan kecil, kemudian telan. Semoga tenggorkan kering Anda lekas kembali normal.
  • Mengonsumsi makanan pelega tenggorokan
Makanan pelega tenggorokan kering (lozenges) bisa dengan mudah didapatkan pada permen tertentu. Kandungan yang ada di lozenges antara lain vitamin C, pektin, dan seng. Selain berguna untuk melembabkan tenggorokan, lozenges juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Menghirup uap hangat
Sakit tenggorokan kering terkadang dipicu oleh karena lendir dari hidung yang membuat nafas agak tersumbat. Untuk itu, menghirup uap hangat panas bisa menjadi salah satu solusinya. Caranya, siapkan wadah kecil berisi air panas dan tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Hiruplah uapnya hingga nafas Anda jadi lega.
  • Berkumur dengan air garam yang hangat
Berkumur dengan air garam atau larutan lain akan membantu mengobati tenggorokan kering yang disebabkan oleh iritasi udara kering atau alergi. Berkumurlah tiga jam sekali ketika mendapati sakit di tenggorokan.

Kesimpulan dari kami adalah bukan seberapa hebat obat Anda bekerja, yang lebih penting adalah seberapa besar ingin sehat dengan menjaga kondisi tubuh agat tetap fit untuk beraktifitas. Semoga artikel mengenai penyebab, pencegahan dan pengobatan tenggorokan kering ini menjadi solusi mudah bagi Anda yang membutuhkannya. Semoga lekas sembuh!

Tenggorokan Kering - Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan Rating: 5 Posted By: saep

0 komentar: