Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Daftar Obat Antibiotik Radang Tenggorokan Akut pada Anak Seperti Cefadroxil, Dexamethasone dan Lainnya

Antibiotik radang tenggorokan. Terdapat banyak sekali daftar merk obat antibiotik radang tenggorokan di apotik yang bisa anda temukan baik untuk anak-anak, ataupun dewasa sekalipun. Obat antibiotik memang menjadi obat yang kontradiktif di kalangan masyarakat, terutama jika dikonsumsi tanpa resep dokter. Jika memang tidak sangat terpaksa, jangan langsung mengkonsumsi obat antibiotik tanpa resep dokter.

Radang tenggorokan akut baru bisa diberikan opsi untuk mengobatinya menggunakan obat antibiotik ini. Pada dasarnya obat antibiotik digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Yang harus anda ingat saat ini adalah, tidak semua radang tenggorokan itu membutuhkan antibiotik. Hanya radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri saja yang bisa diobati dengan obat antibiotik itu.

Daftar Obat Antibiotik Radang Tenggorokan Akut pada Anak Seperti Cefadroxil, Dexamethasone dan Lainnya

Daftar Obat Antibiotik Radang Tenggorokan Akut pada Anak Seperti Cefadroxil, Dexamethasone dan Lainnya

Mungkin anda sekarang ini bertanya-tanya, bagaimana cara membedakan mana radang tenrggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan mana yang radang tenggorokan tanpa infeksi bakteri. Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya hanya dokterlah yang bisa menjawab. Dokter akan melakukan berbagai macam diagnosa untuk mendeteksi radang tenggorokan yang anda alami apakah disebabkan oleh bakteri atau bukan.

Kalau menilik kondisi farmasi di Indonesia, ada oknum apotik yang dengan mudah melayani pembelian obat antibiotik tanpa disertai dengan resep dokter. Memang banyak sekali obat dengan jenis antibiotik yang tersedia di apotik. Namun tidak semua jenis obat itu cocok untuk mengobati radang tenggorokan akibat bakteri streptococcus.

Ada beberapa jenis obat antibiotik yang terbukti efektif untuk meredakan dan mengobati sakit tenggorokan yang anda derita. Berikut ini adalah golongan obat antibiotik radang tenggorokan di apotik yang terbukti efektif untuk mengatasi radang tenggorokan:

#1. Cefadroxil

Cefadroxil adalah obat antibiotik dengan spesifikasi luas. Cefadroxil bisa dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa jenis bakteri. Cefadroxil bisa digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih, kulit, pernapasan, atau radang tenggorokan. Obat ini bisa dikonsumsi oleh orang anak-anak maupun dewasa.

Cefadroxil berfungsi mengobati infeksi akibat bakteri pada berbagai bagian tubuh. Tapi obat ini tidak bisa menyembuhkan pilek, flu, atau penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh virus. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan dinding sel bakteri sehingga bakteri tidak dapat bertahan hidup. Maka dari itu jika obat ini digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan anak sangat bagus.

#2. Makrolida

Alternatif obat antibiotik dengan golongan lainnya adalah antbiotik dengan jenis makrolida. Obat-obatan yang termasuk dalam jenis makrolida adalah eritromisin, klaritomisin dan juga azithromicyn. Mengkonsumsi obat ini akan memberikan keuntungan yang lebih diantaranya adalah obat azithromcyn bisa diminum sebanyak empat kali sampai dengan lima kali saja. Mengkonsumsi obat ini tidak perlu dilakukan selama dua minggu lamanya berturut-turut.

Jika ada kelebihan, tentu ada juga kelemahannya. Dimana efek samping dari obat antibiotik ini tergolong tinggi dibandingkan dengan efek samping obat antibiotik yang lainnya. Efek samping itu akan dirasakan oleh lambung dimana obat antibotik terlalu keras untuk dicerna oleh lambung. Efek samping itu hanyalah kerugian yang kecil ditilik dari manfaat antibiotik itu untuk kesehatan yang luar biasa. Meski begitu ketika anak mengkonsumsi obat ini, anda harus didampingi oleh orang yang ahli di dalamnya. Anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat itu tanpa resep dokter.

#3. Dexamethasone

Radang tenggorokan yang dialami oleh setiap anak khususnya selalu dikait-kaitkan dengan paring yang ada di dalam tubuh manusia. Radang tenggorokan hanya bisa disebabkan oleh dua hal yaitu virus ataukah bakteri. Penggunaan antibiotik ini hanya mampu digunakan untuk mengobati radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Sehingga sebelum mengobati menggunakan obat antibiotik ada baiknya kita tahu terlebih dahulu.

Radang tenggorokan yang dialami anak tersebut disebabkan oleh virus atau bakteri. Jika disebabkan oleh virus maka obat antibiotik itu tidak akan berfungsi sehingga dibutuhkan obat lain yang bisa menangkal virus penyebab radang tenggorokan tersebut.

Penyakit faringitis yang sering menyebabkan radang ternggorokan banyak disebabkan oleh GABHS atau Grup A Beta Hemolitikus Streptococcus. Sekitar 15 sampai dengan 30 persen penyakit radang tenggorokan akibat bakteri bisa menyerang anak, sedangkan untuk 5 sampai dengan 15 persennya akan dialami elh orang dewasa.

Cara pakai atau pengkonsumsian obat ini cukup mudah yaitu bisa dikonsumsi sebanyak 3 kali dalma sehari atau 2 kali dalam sehai tergantung dengan keparahan penyakit. Jika penderitanya anak-anaka obat itu bisa dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari, jika orang dewasa yang mengkonsumsinya maka obat itu bisa dikonsumsi sebanyak tiga kali dalam sehari.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari Daftar Obat Antibiotik Radang Tenggorokan Akut pada Anak Seperti Cefadroxil, Dexamethasone dan Lainnya.

Daftar Obat Antibiotik Radang Tenggorokan Akut pada Anak Seperti Cefadroxil, Dexamethasone dan Lainnya Rating: 5 Posted By: saep

0 komentar: