Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Penyebab Lendir di Tenggorokan dan Cara Menghilangkannya dengan Mudah

Penyebab Lendir di Tenggorokan dan Cara Menghilangkannya dengan Mudah. Lendir adalah suatu cairan yang berbentuk agak kental dan selalu mengganggu daerah yang terkena lendir seperti tenggorokan. Rasa yang tidak nyaman saat beraktifitas atau hendak mau tidur akan ditimbulkannya dengan durasi waktu yang lama jika kita tidak segera membersihkannya.

Saran saya, sebelum Anda mengenal cara menghilangkan lendir di tenggorokan ini, ada baiknya sebagai bahan pertimbangan kelak dalam pembersihan dan pencegahan timbul kembalinya lendir tersebut. Berikut bahasan yang lumayan lengkap untuk Anda jadikan sebagai bahan referensi:

Penyebab dan Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan dengan Mudah

Penyebab tenggorokan berlendir

Terdapat beberapa penyebab galib yang mengakibatkan lendir muncul secara berlebihan, silahkan Anda ingat-ingat apakah Anda pernah mengalami kegiatan dibawah ini:
  1. Alergi yang disebabkan oleh jamur, serbuk sari, hewan, atau debu.
  2. Post-nasal drip yang disebabkan oleh pilek, obat-obatan, atau penyimpangan pada septum hidung.
  3. Flu dan pilek.
  4. Kehamilan.

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan dengan Alami

1. Berkumurlah dengan air hangat bercampur garam.
Campurkan satu sendok teh garam ke dalam 236 ml air hangat. Masukkan air tersebut ke dalam mulut, lalu dongakkan kepala Anda, dan dengan tanpa menelan, berkumurlah dengan air garam tersebut di bagian pangkal tenggorokan Anda.

2. Menghirup uap dengan air panas
Lakukan terapi uap dan biarkan uap yang hangat memasuki sinus dan tenggorokan Anda, sehingga bisa melunakkan lendir yang menumpuk di sana. Cobalah melakukan beberapa hal di bawah ini untuk melegakan tenggorokan:
  • Balut kepala Anda dengan handuk dan hiruplah uap yang keluar dari air hangat.
  • Lebih baik lagi, rendamlah teh (sebaiknya menggunakan teh kamomil) ke dalam wadah yang besar, kemudian tundukkan kepala dengan hati-hati di atas wadah dan hirup uap yang keluar.
  • Mandilah dengan air hangat.
  • Apabila Anda mandi air hangat dalam waktu yang lama, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap sesudahnya, karena air hangat menguras minyak esensial dan kelembapan dari kulit Anda.
  • Gunakan alat pelembap ruangan. Alat ini akan memompakan udara yang lembap ke dalam ruangan Anda. Hati-hati, jangan memompakan terlalu banyak kelembaban ke dalam udara. Sedikit saja sudah mencukupi.
3. Batukkan/berdehm dengan perlahan.
Apabila lendir telah menumpuk di tenggorokan, Anda bisa mengeluarkannya dengan aman melalui batuk. Carilah lokasi yang sepi, misalnya kamar mandi, dan cobalah mengeluarkan lendir dari tenggorokan dengan batuk. Jangan berbatuk terlalu keras atau berlebihan, karena bisa membahayakan diri Anda.

4. Rutin minum air bersih minimal 10 gelas/hari
Cairan yang tepat bisa membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokan ketika cairan tersebut melewati kerongkongan. Cobalah beberapa cairan di bawah ini yang telah terbukti dapat mengurangi lendir:
  • Teh hangat yang dicampur madu dan lemon. Ini bisa dijadikan sebagai salah satu andalan. Asam yang terkandung dalam lemon sangat bagus untuk mengencerkan lendir, sedangkan madu memberi rasa yang nyaman di tenggorokan Anda sesudahnya.
  • Sup hangat. Sup ayam menjadi favorit karena kaldunya encer dan bisa mengurangi lendir. Usahakan untuk selalu menggunakan kaldu yang encer bukannya sup yang kental dan menyerupai krim.
  • Air dingin. Jika Anda haus, minumlah air putih sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhan sampai perut Anda kenyang.

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan dengan obat Apotik

Silahkan gunakan obat yang bisa membatasi produksi lendir. Anda bisa menggunakan obat generik, seperti Mucinex, untuk mengurangi dan mengencerkan lendir. Carilah obat yang berlabel "ekspektoran" yang artinya adalah menghilangkan lendir dan dahak.

Penyebab Lendir di Tenggorokan dan Cara Menghilangkannya dengan Mudah Rating: 5 Posted By: saep