Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Radang Tenggorokan / Laringitis : Penyakit Kerongkongan yang Harus Diwaspadai

Radang Tenggorokan / Laringitis : Penyakit Kerongkongan yang Harus Diwaspadai - Laringitis yakni radang tenggorokan merupakan sebuah kondisi kesehatan di mana terjadi gangguan peradangan pada laring atau kotak suara seseorang. Adapun faktor penyebab laringitis tidak lain adalah iritasi atau infeksi, pada bagian dalam laring seseorang ada pita suara yang seharusnya membuka menutup secara lancar, kemudian akan membentuk suara dari adanya getaran dan pergerakan. Namun jika orang tersebut terserang laringitis, maka pita suara pun akan meradang, dengan kata lain terjadi iritasi. Apabila Anda mengalami kondisi ini maka suara pun akan menjadi terdengar serah bahkan untuk beberapa kasus bisa menjadikan suara tak terdengar sama sekali. Itu untuk kasus yang sudah cukup parah. Mari baca selengkapnya.

Mengenal Radang Tenggorokan atau Laringitis

Radang Tenggorokan / Laringitis : Penyakit Kerongkongan yang Harus Diwaspadai

Apabila seseorang sudah terserang oleh gangguan radang tenggorokan ini, maka berikut beberapa gejala yang dapat menyertai:

Gejala radang tenggorokan (Laringitis)

  • Batuk kering
  • Suara serak
  • Tenggorokan kering
  • Lemah hingga hilangnya suara
  • Sakit tenggorokan
  • Tenggorokan terasa seperti ada sentuhan kasar
  • Tenggorokan juga terasa gatal
Itulah ketujuh gejala atau tanda-tanda jika Anda mengalami radang tenggorokan.

    Seberapa umumkah radang tenggorokan/laringitis?

    Laringitis/radang tenggorokan cukup sering terjadi. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang bekerja dengan banyak bicara, menyanyi, orang yang rutin terpapar asap rokok, atau mengkonsumsi alkohol berlebih. Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit ini dengan mengurangi faktor risiko yang ada. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

    Penyebab radang tenggorokan (Laringitis)

    Adapun untuk faktor penyebab sendiri ada bermacam-macam dan juga bergantung ke jenis kondisinya. Faktor penyebab akut beberapa di antaranya yakni penggunaan suara berlebihan, dengan kata lain berteriak berlebihan, infeksi virus flu, penyakit campak, difteri, dan penyakit gondok. Faktor penyebab tersebut telah terbukti benar-benar berpengaruh atas terjadinya laringitis akut pada seseorang. Mungkin Anda sudah pernah mengalami kondisi tersebut sebelumnya. Yang paling sering adalah berteriak berlebihan. Sementara itu untuk faktor penyebab laringitis kronis berbeda, di antaranya yaitu GERD (Gastroesphageal reflux), merokok, penyalahgunaan alkohol, alergen, asap bahan kimia terhirup, serta iritan lainnya. Penggunaan suara berlebihan termasuk dalam salah satu faktor penyebab laringitis kronis juga. Untuk keadaan tertentu, jamur, infeksi bakteri, infeksi parasit, kanker, maupun pita suara yang lumpuh pun bisa menjadi faktor penyebab potensial, tetapi untuk kasus yang benar-benar jarang terjadi.

    Kapan saya harus periksa ke dokter?

    Radang Tenggorokan / Laringitis biasanya bukanlah kondisi yang serius, Anda dapat mengobati laringitis akut sendiri, seperti beristirahat dan banyak minum air. Meski begitu Anda tetap harus membuat janji dengan dokter jika gejala berlangsung lebih dari 2 minggu.
    Selain itu Anda juga membutuhkan penanganan medis segera jika mengalami gejala radang tenggorokan berikut ini:
    • Sesak
    • Batuk darah
    • Demam tidak membaik
    • Sakit tenggorokan semakin parah
    • Sulit menelan
    Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

    Pengobatan Radang Tenggorokan / Laringitis

    Yang berikutnya terkait dengan pengobatan laringitis. Pengobatannya berpusat ke faktor penyebab penyakit, karena itu harus didiagnosis terlebih dahulu, tidak langsung begitu saja diobati. Untuk sebagian besar dari kasus pasien laringitis, faktor penyebabnya yakni karena infeksi virus. Jika itu kondisi yang terjadi, maka bisa sembuh sendiri karena bantuan sistem antibodi tubuh seseorang, untuk jangka waktu 1 minggu bisa juga lebih. Tergantung dari kondisi antibodi penderita laringitis tersebut. Namun ada kondisi lainnya, di mana dokter memberikan pengobatan antibiotik, obat refluks asam, dan kortikosteroid, di mana pemberian metode pengobatan tersebut bergantung ke faktor penyebab penyakit yang dialami. Ada beberapa hal penting yang harus diketahui. Bisa Anda baca di bawah ini.

    Penting!

    Sebelum konsumsi obat radang tenggorokan, Anda sebaiknya melakukan perawatan diri agar lebih nyaman. Untuk caranya tidak sulit, yakni dengan menghirup uap, uap semangkuk air panas, di mana ini juga disarankan bagi para penderita laringitis. Jika kondisi sudah membaik, maka pemberian obat bisa dihindari. Dengan kata lain cara ini juga termasuk ke dalam jenis cara pengobatan herbal yang memang dianjurkan.

    Selain itu, yang kedua adalah Anda sebaiknya menjaga kadar air dalam tubuh agar selalu tercukupi. Caranya yakni dengan minum air putih bersih sebanyak 1 hingga 1,5 L per hari. Tidak ada kata kelebihan jika meminum air putih, semakin banyak maka semakin baik. Berkumur air hangat menggunakan campuran garam dapur, jahe, dan cengkeh juga bagus untuk penderita laringitis.

    Pengobatan radang tenggorokan di rumah

    Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi laringitis? Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi laringitis/radang tenggorokan & pita suara:
    • Jadwalkan kontrol untuk memonitor perkembangan gejala dan kesehatan Anda
    • Dengarkan anjuran dokter, tidak sembarang meminum obat dan tidak semena-mena berhenti mengonsumsi obat yang diresepkan.
    • Gunakan penghangat atau uap hangat
    • Banyak minum air. Sup hangat seperti sup ayam dapat dikonsumsi
    • Hubungi dokter Anda jika Anda demam atau sulit bernapas, atau gejala lebih dari 2 minggu
    • Istirahatkan suara Anda sebanyak mungkin
    Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah penyakit radang tenggorokan Anda dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda. Sekian artikel tentang Radang Tenggorokan / Laringitis : Penyakit Kerongkongan yang Harus Diwaspadai, semoga bermanfaatjangan lupa baca artikel lengkap lainnya yang hanya di tenggoro.blogspot.com.

    Radang Tenggorokan / Laringitis : Penyakit Kerongkongan yang Harus Diwaspadai Rating: 5 Posted By: Unknown

    0 komentar: