Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Penyebab dan Obat Untuk Radang Tenggorokan Dan Flu Pada Bayi Usia 1 Tahun

Penyebab dan Obat Untuk Radang Tenggorokan Dan Flu Pada Bayi Usia 1 Tahun . Bagi ibu, semua urusan bisa terbengkalai saat si kecil mulai rewel karena gejala radang tenggorokan seperti batuk, pilek dan juga rasa nyeri. Radang tenggorokan juga dikenal sebagai sakit faringitis. Penyebab munculnya radang tenggorokan pada si kecil bisa disebabkan oleh infeksi virus, bakteri atau juga iritan seperti asap rokok dan juga debu. Radang tenggorokan yang menjangkit anak-anak di bawah 5 tahun umumnya jarang ditemukan. Apalagi, jika masalah radang tenggorokan muncul karena infeksi bakteri streptokokus. Umumnya, yang kerap menyerang adalah batuk, pilek dan gejala radang tenggorokan. Sehingga, Obat Untuk Radang Tenggorokan sangatlah penting untuk diketahui bagi seorang ibu agar tidak merasa bingung menghadapi anak yang sedang rewel karena gejala tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan oleh seorang ibu adalah bahwa tidak semua radang tenggorokan yang menyerang buah hati harus terus-terusan dikasih obat atau terapi obat. Jika disebabkan oleh virus, si kecil tidak harus dijejali dengan obat-obatan, karena sistem kekebalan tubuhnya akan bekerja dengan sendirinya dalam mencari Obat Untuk Radang Tenggorokan pada bayi serta menetralkan gejalanya dalam kurun waktu kurang lebih 1 minggu. Jadi, jangan sampai panic ketika si kecil mulai rewel karena faringitis. Cukup biarkan si kecil beristirahat dan berikan banyak minum agar tetap terdehidrasi.

Namun, jika setelah dirawat di rumah dengan berbagai penanganan alami tetap tidak membaik, bawa si kecil ke dokter. Dengan demikian, bisa mengatasi adanya kecurigaan infeksi bakteri. Infeksi virus bisa menghilang dengan sendirinya, namun tidak dengan infeksi bakteri. Sehingga, dokter harus mengambil sampel yang kemudian akan dibawa ke laboratorium. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa si kecil tidak mengalami radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Dengan hasil pemeriksaan dokter, ibu bisa mendapatkan obat yang sesuai untuk si kecil. Tetapi, jika hasil sampel menunjukkan bahwa penyebab radang tenggorokan adalah bakteri, dokter pun akan segera memberikan antibiotik guna menjadi Obat Untuk Radang Tenggorokan. Maka dari itu, hindari memberikan antibiotik sendiri tanpa mengikuti saran dari dokter. Untuk masalah radang tenggorokan pada si kecil, berikut tips mengatasinya:

Obat Untuk Radang Tenggorokan Dan Flu Pada Bayi

Penyebab dan Obat Untuk Radang Tenggorokan Dan Flu Pada Bayi Usia 1 Tahun

1. Jaga kebersihan selalu.

Dengan beberapa penyebab radang tenggorokan pada si kecil, pahami terlebih dahulu bahwa virus dan bakteri selalu menular. Kebersihan pun harus dijaga. Bila perlu, basahi tangan si kecil sesering mungkin dengan cara dilap agar bakteri dan virus yang menempel bisa hilang. Tidak hanya itu, jika si kecil mulai tumbuh besar dan mulai makan makanan padat, pastikan jika peralatan makannya tidak sama seperti orang di sekitarnya. Perawatan dan perlindungan yang maksimal harus ibu berikan seperti contoh kecilnya adalah selalu cuci tangan sebelum mengenal Obat Untuk Radang Tenggorokan guna untuk merawat dan mencegah penyakit tersebut.

2. Beri makanan hangat dan lunak.

Obat Untuk Radang Tenggorokan pada bayi di usia 1 tahun dengan gejala flu bisa juga dilakukan melalui makanan yang diberikan. Karena radang tenggorokan sangat tidak nyaman dan bahkan terasa sakit untuk dibuat menelan, pastikan jika ibu memberikan makanan yang hangat dan lunak. Jika si kecil terbiasa dengan minuman dingin, jus apel atau jus lainnya bisa menjadi alternatif.

3. Beri parasetamol atau ibuprofen.

Biasanya, si kecil akan mudah menangis karena kesakitan di bagian tenggorokannya. Untuk itu, perlu diberikan pereda nyeri seperti ibuprofen atau parasetamol. Parasetamol sangat dianjurkan terutama jika si kecil mengalami sakit tenggorokan dan flu disertai demam. Obat Untuk Radang Tenggorokan merk Aspirin tidak dianjurkan untuk diberikan pada si kecil, karena penggunannya bisa menyebabkan masalah serius seperti Reye’s syndrome.

4. Beri air putih hangat yang banyak dan rutin

Cara ini tergolong cara yang paling mudah dilakukan. Memberikan air putih hangat secara rutin dan selalu diminumkan dalam kuantitas yang banyak bisa mengobati untuk radang tenggorokan secara efektif. Air hangat mampu memberikan rasa lega di tenggorokan sebab dapat meredakan rasa nyeri dan gatal yang seringkali muncul saat tenggorokan mengalami peradangan.

Penyebab dan Obat Untuk Radang Tenggorokan Dan Flu Pada Bayi Usia 1 Tahun

5. Teh

Selain air putih, teh bisa menjadi salah satu alternatif guna meredakan rasa sakit karena peradangan di tenggorokan. Obat Untuk Radang Tenggorokan membantu si kecil merasa tenang dan nyaman dengan meminum teh sebab rasanya yang manis.
Caranya:
  • Setiap kali membuatkan teh untuk si kecil, pastikan jika ibu tidak menambahkan gula. 
  • Gunakan madu sebagai penggantinya. 
  • Campurkan jahe untuk meredakan rasa nyeri karena peradangan.
  • Jahe harus dimemarkan dan direbus dahulu dalam air putih sekitar 2 menit. 
  • Campurkan air rebusan tadi dengan air teh yang disiapkan. 
  • Bila perlu, campurkan sedikit jeruk nipis. 
Teh, madu dan jeruk nipis adalah bahan-bahan alami yang sangat efektif guna menjadi Obat Untuk Radang Tenggorokan yang sakit karena peradangan.

6. Berikan tetes hidung NaCl

Saat flu datang pada saat radang tenggorokan, umumnya hidung anak akan tersumbat sehingga kesulitan bernafas bahkan saat sedang tidur. Dalam kondisi seperti ini, anda sebagai ibu bisa memberikan tetes hidung NaCl yang bisa dibeli di apotik sebagai Obat Untuk Radang Tenggorokan dan flu.

7. Hirup uap air panas

Dengan menghirup uap air panas, si kecil bisa merasa nyaman dalam waktu sementara.
Caranya:
  • Siapkan segelas air hangat. 
  • Bila perlu tetesi dengan minyak telon. 
  • Dekatkan segelas air tadi pada anak, tapi jangan sampai terkena air panasnya. 
  • Biarkan anak menghirup uap air panas tadi.

8. Buatkan sup ayam atau menu lainnya dengan protein yang tinggi.

Sup ayam dan menu lainnya yang memiliki kandungan protein yang tinggi sangat membantu penyembuhan peradangan yang terjadi pada anak di usia 1 tahun. Sup ayam memiliki kandungan kaldu yang sangat baik menjadi Obat Untuk Radang Tenggorokan. Menu lainnya yang bisa anda buat adalah sup jagung, sup sarang wallet dan masih banyak lainnya.

Itulah informasi lengkap tentang penyebab dan tips mencari Obat Untuk Radang Tenggorokan dan flu pada bayi usia 1 tahun. Kesimpulannya, pastikan saat anak mengalami gejala gangguan tenggorokan, anda segera memberikan penanganan alami seperti membuatkan sup, memberikan air putih yang lebih banyak dan sering-sering menjaga kebersihan anak. Hal ini bisa membantu mengurangi percepatan peradangan di tenggorokan. Pantau perkembangan anak saat terkena radang tenggorokan dengan memastikan bahwa radang tenggorokan yang dialami tidak memakan waktu hingga berminggu-minggu. Sebab, peradangan pada tenggorokan yang disebabkan oleh virus tidaklah lama dan bisa sembuh sendiri dalam hitungan hari.

Sangat dianjurkan untuk segera konsultasi ke dokter ketika anak mengalami demam tinggi yaitu di atas suhu 39 derajat C dan kesulitan menelan, tampak bintik putih atau luka di tenggorokan yang memerah, mengeluarkan air liur, nyeri di leher dan suara yang terus serak bahkan hingga 2 minggu supaya anda mengetahui saran dan penanganan yang dianjurkan oleh dokter dalam mengatasi radang tenggorokan. Terkadang, apa yang sudah kita upayakan dengan cara alami, belum bisa mengatasi peradangan yang terjadi di daerah tenggorokan. Sehingga, kita membutuhkan bantuan medis supaya kondisi buah hati menjadi membaik. Demikian artikel mengenai Penyebab dan Obat Untuk Radang Tenggorokan Dan Flu Pada Bayi Usia 1 Tahun ini saya sampaikan agar memberi sedikit solusi dan manfaat bagi orang banyak.

Penyebab dan Obat Untuk Radang Tenggorokan Dan Flu Pada Bayi Usia 1 Tahun Rating: 5 Posted By: saep

0 komentar: