Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Obat Infeksi Tenggorokan yang Bikin Galau bagi Penderitanya

Obat Infeksi Tenggorokan yang Bikin Galau bagi Penderitanya - Tenggorokan yang sakit itu rata-rata terjadi karena infeksi dari bakteri dan virus. Infeksi tenggorokan biasanya berupa radang tenggorokan seperti batuk, flu dan menimbulkan demam tinggi.

Obat Infeksi Tenggorokan yang Bikin Galau bagi Penderitanya

Infeksi tenggorokan baik yang ringan maupun yang berat tentunya dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, apalagi pada anak-anak, biasanya mereka cendrung rewel ketika terkena penyakit yang satu ini. Oleh karena itulah Mengobati infeksi tenggorokan dipandang sangat perlu, namun mungkin masih banyak yang belum mengetahui cara yang ampuh dalam mengobati infeksi tenggorokan ini.

Dalam mengobati infeksi tenggorokan yang harus diperhatikan adalah apa yang menjadi penyebab radang tenggorokan itu sendiri. Karena penyebabnya macam-macam tentunya akan mendapatkan langkah pengobatan yang berbeda-beda karena harus disesuaikan dengan penyebabnya tersebut. baca lebih lanjut tentang Penyebab radang tenggorokan.

Tujuan dari pengobatan infeksi tenggorokan ini yaitu mengatasi penyebab, meredakan gejala, mencegah komplikasi, dan mencegah agar infeksi tak kambuh lagi. Baiklah, keempat poin besar ini lah yang akan kita bahas satu persatu dalam rangka mengobati infeksi tenggorokan.

Penyebab Infeksi Tenggorokan

Indikasi bakteri
Infeksi radang tenggorokan oleh bakteri lebih parah dibandingkan infeksi oleh virus. Biasanya orang yang terkena radang yang disebabkan oleh bakteri kemungkinan telah tertular 2-7 hari sebelumnya. Jika infeksi disebabkan oleh bakteri streptokokus sebaiknya lekas kedokter, karena jika tidak ditangani secara serius infeksi dapat menjalar ke katup jantung dan dapat menyebabkan penyakit demam rhematik.

Ciri-ciri infeksi bakteri:
  • Sakit saat menelan.
  • Bagian tenggorokan memar berwarna merah cerah dan terdapat bercak putih.
  • Suhu badan meningkat atau demam dan sering kali disertai dengan sensasi dingin.
  • Kelenjar leher membengkak.
Indikasi virus
Radang yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya lebih ringan, tetapi pengobatan dengan antibiotik tidak cukup efektif jika infeksi disebabkan oleh virus karena pemberian antibiotik dapat menimbulkan resistensi (kekebalan) kuman terhadap antibiotik.

Ciri-ciri infeksi virus:
  • Batuk disertai bersin dan menyebabkan suara serak bahkan mengecil
  • Rasa pedih, gatal, dan kering dalam tenggorokan
  • Biasanya tidak mengalami demam, tetapi dalam beberapa kasus mengalami sedikit demam dan rasa pegal2 di setiap per sendian.
Obat Infeksi Tenggorokan yang Bikin Galau bagi Penderitanya

Mengatasi Penyebab Infeksi Tenggorokan

Penyebab tersering infeksi tenggorokan yaitu virus, akan tetapi tidak ada obat antivirus yang digunakan untuk mebunuh virus jenis ini karena memang tidak dibutuhkan. Untuk memberantasnya dipercayakan saja kepada sistem pertahanan tubuh dan mengobati gejala yang muncul.

Lain halnya jika penyebab infeksi tenggorokan merupakan bakteri, maka akan diperlukan antibiotik yang sesuai. Untuk menggunakan antibiotik diperlukan resep dokter, artinya harus periksa dulu ke dokter.
Untuk penyebab lainnya seperti alergi, iritasi, maka harus menghindari makanan atau zat penyebab.

Jika Anda megalami faringitis oleh infeksi virus, gejala akan menghilang secara bertahap selama sekitar satu minggu. Jika Anda mengalami infeksi tenggorokan karena bakteri, gejala akan mereda dalam waktu dua sampai tiga hari setelah mulai minum antibiotik.

Meredakan Gejala Infeksi Tenggorokan

Untuk meringankan gejala infeksi tenggorokan dan meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan infeksi, maka diperlukan :
  • Minum cairan hangat (teh atau kaldu)
  • Berkumur dengan air asin hangat untuk meringankan rasa sakit tenggorokan.
  • Banyak istirahat (tidur cukup, kurangi aktifitas fisik, hidari capek)
  • Minum banyak air untuk mencegah dehidrasi
  • Jika suara serak, kurangi bicara apalagi berteriak.
  • Minum obat pereda nyeri dan demam contohnya ibuprofen, acetaminophen (parasetamol) atau aspirin (pada orang dewasa saja). obat-obat tersebut dijual bebas tanpa resep dokter, maka harap diperhatikan dosis dan kontraindikasinya.
Cara-cara tersebut akan membantu meredakan rasa ketidaknyamanan dan mempercepat penyembuhan pada infeksi tenggorokan. Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa menggunakan metode alami dengan bahan-bahan dibawah ini:
  • Jeruk Nipis
  • Kunyit
  • Daun Sendok
  • Tanaman Cakar ayam
  • Daun Tapak liman
  • Pegagan (Antanan)
  • Mengkudu 
Adapun caranya sangat mudah, silahkan Anda memilih bahan apa yang ingin Anda gunakan dengan yang paling mudah saja. Contohnya jeruk nipis:
  1. Siapkan air jeruk nipis dari perasan 3 buah jeruk dan campurkan dengan air panas setengah gelas. Tuangkan satu sendok madu lalu aduk rata. Minum ramuan dalam kondisi hangat tiga kali sehari. Gunakan pula ramuan ini untuk berkumur selama dua menit sebagai antiseptik.
  2. Siapkan air perasan dari dua jeruk nipis yang ditambahkan beberapa bagian garam. Masukkan air hangat dan aduk rata. Pakailah ramuan ini untuk berkumur. Manfaatnya yaitu mengatasi rasa sakit di tenggorokan, serak pada suara, hingga kesulitan menelan.
  3. Jika tenggorokan sakit karena banyaknya lendir yang menggumpal, siapkan ramuan seperti tersebut pada poin dua, tapi diminum airnya.
  4. Siapkan air dua gelas lalu rebus bersama empat batang kecil kayu putih dan cangkang makota dewa 8 buah. Setelah sisa satu gelas, angkat dan biarkan hangat. Minum ramuan tersebut dengan menambahkan perasan jeruk nipis setengah buah. Cara ini cocok untuk radang tenggorokan yang sudah parah dan minumlah tiga kali dalam sehari.
Saya telah membahasnya khusus obat pembunuh virus dan bakteri alami, silahkan kunjungi!
Mencegah Komplikasi Infeksi Tenggorokan

Mengobati infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri streptococcus secara tuntas dapat mencegah komplikasi. Karena infeksi tenggorokan jenis ini, jika tidak diobati dengan tepat akan berpotensi menimbulkan komplikasi berupa penyakit jantung rematik dan penyakit ginjal glomerulonefritis akut (GNA).

Untuk mengobati infeksi ini diperlukan antibiotik, diantaranya penisilin/amoksisilin selama 10 hari, alternatif lainnya eritromisin, azitromisin. Ketika minum antibiotik harus sesuai dengan anjuran dokter yakni harus dihabiskan walaupun sebelum habis Anda sudah merasa sembuh.

Mencegah Infeksi Tenggorokan Agar Tidak Kambuh

Untuk mencegah infeksi tenggorokan karena bakteri dan virus ini, lakukanlah hal-hal berikut:
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara menyeluruh dan sering, terutama setelah menggunakan toilet, sebelum makan, dan setelah bersin atau batuk.
  • Hindari berbagi makanan, gelas minum atau peralatan lainnya dengan penderita.
  • Batuk atau bersin ke tisu kemudian membuangnya. Jika tidak ada tisu, bersinlah ke ketiak Anda.
  • Gunakan pembersih tangan berbasis alkohol sebagai alternatif untuk mencuci tangan saat sabun dan air tidak tersedia, misalnya dalam perjalanan.
  • Menggunakan masker jika lingkungan berdebu atau ketika membersihkan rumah.
  • Hindari paparan asap rokok, dan berhenti lah merokok jika Anda seorang perokok.
Demikian uraian singkat mengenai obat infeksi tenggorokan yang dapat saya sajikan pada semua pembaca. Semoga lekas teratasi dan sembuh kembali.

Obat Infeksi Tenggorokan yang Bikin Galau bagi Penderitanya Rating: 5 Posted By: saep

0 komentar: