Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Radang Tenggorokan, Kanker, Asam Urat, Kolesterol dan Menghilangkan Jerawat

Manfaat daun sirsak kian hari kian terbongkar, kedahsyatan daun ini sangat banyak untuk menyembuhkan segala penyakit dan mengusir segala penyebabnya. Kini sangat marak obat herbal yang menggunakan khasiat daun sirsak ini, karena memang ia kaya dengan zat aktif didalamnya yang baik untuk tubuh serta sangat melimpah.

Dalam kehidupan sehari hari kita memang belum begitu menyadari bagaimana hebatnya khasiat daun sirsak ini. Jika anda belum mengetahui manfaat daun ini maka ada baiknya anda membaca artikel ini secara seksama. Sebelum membahas detail bagaimana daun sirsak dapat menjadi 'pelor tajam' untuk membunuh ribuan penyakit, mari kita bahas kandungan gizi yang terdapat didalamnya.

Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Radang Tenggorokan dan Kesehatan Lainnya

Kandungan Gizi Daun Sirsak

lactones

  • Annohexocina
  • Annomuricina A, B, C dan E
  • Annomutacina
  • Annopentocinas A, B dan C
  • Muricoreacina
  • Gigantetronemina
  • Murihexocina A dan C
  • Javoricina

Isoquinoline

  • Anonaine
  • Anoniine
  • Atherospermine
  • Coreximine

Lipid

  • Asam Gentisic
  • Asam Lignoceric
  • CLA
  • asam stearat
Beberapa bahan dan kandungan yang terdapat dalam daun sirsak juga meliputi :
  • Serat
Diketahui daun sirsak banyak mengandung serat yang berguna untuk memfasilitasi gerakan yang terjadi pada saluran pencernaan seperti usus, serat juga bisa mengontrol kadar kolesterol dan tentunya dapat mengontrol nafsu makan sehingga yang ingin berat badan terjaga konsumsilah daun sirsak secara rutin.
  • Kalium
Kandungan yang kedua yang banyak terdapat pada daun sirsak adalah kalium. Kita ketahui bahwa kalium sangat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah, tulang kontraksi dan juga membantu otot-otot dalam melakukan aktivitasnya.
  • Air
Air yang terkandung didalam daun sirsak dapat mencegah terjadinya hidrasi pada tubuh maupun kulit kita.
  • Kalium dan Fosfor
Kandungan kalium dan fosfor yang terdapat dalam daun sirsak dapat membantu pembentukan massa tulang. Untuk anda yang memiliki masalah tulang alangkah baiknya mengonsumsi daun sirsak ini.
  • Vitamin C
Tidak diragukan lagi bahwa Vit C sangat penting untuk tubuh kita. Diketahui bahwa Vit C dapat menjadi antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Vit C ini juga dapat digunakan untuk kecantikan seperti perawatan kulit dan proses penyembuhan luka bakar.
  • Karbohidrat
Menurut beberapa uji yang telah dilakukan Secangkir daun sirsak dapat mengandung karbohidrat sebesar 38 gram. Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi terbesar untuk tubuh kita.
  • Lemak
Diketahui daun sirsak mengandung sangat sedikit lemak yaitu sekitar 0,3 g/100 g perhelai daun, hal inilah yang menjadikan daun sirsak sangat baik untuk tubuh dan kesehatan kita.

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Pada tahun 1965, para ilmuwan menyatakan bahwa kandungan dan khasiat 10.000 lebih kuat dari kemoterapi untuk mengobati kanker. Hal ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan para ilmuwan, pada masyarakat zaman dahulu daun sirsak sudah diketahui manfaatnya dan sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Pada sekitar tahun 1976, National Cancer Institute juga telah melakukan penelitian ilmiah. Hasilnya mereka menyatakan bahwa batang dan daun sirsak juga efektif untuk menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan daun sirsak yang sangat tinggi senyawa proaktif, senyawa ini jarang ditemukan pada buah lainnya.

Negara Korea juga melakukan sebuah penelitian. Mereka menyimpulkan bahwa ada 1 senyawa kimia yang berperan selektif untuk membunuh sel kanker pada usus besar serta 10.000 kali lebih berpotensi untuk dijadikan sebagai obat kemoterapi dalam sirsak. Ternyata senyawa yang satu ini juga selektif untuk memilih sel target kanker sehingga tidak memungkingkan terjadinya perusakan pada sel-sel sehat lainnya. Hal ini seperti dikutip wikipedia. Berikut adalah beberapa manfaat daun sirsak.

Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Radang Tenggorokan

Obat Radang Tenggorokan

Obat tradisional radang tenggorokan bisa dengan duo obat alami yang sangat luar biasa yaitu daun sirsak dan kulit manggis karena kedua bahan tersebut merupakan solusi tepat. Daun sirsak mengandung flavonoid sebagai anti inflamasi yang bisa melindungi struktur sel, meningkatkan efektivitas vitamin C. Zat flavonoid ini bisa berperan secara langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi organisme seperti bakteri atau virus. itulah dua bahan yang bisa menjadi solusi obat tradisional radang tenggorokan. Adapun kulit manggis memiliki kandungan anti oksidan super Xanthones yang mampu mengobati radang tenggorokan dengan cara menekan peradangan dan juga membunuh virus dan bakteri yang ada dibagian tenggorokan tersebut. Zat xanthones pada kulit manggis ini mampu melawan bakteri dan virus yang sudah membandel sekalipun.

Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Radang Tenggorokan

Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak ini cukup ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Daun sirsak mengandung zat yang mampu menyingkirkan kolesterol jahat dari tubuh anda. Biasanya, kolesterol jahat ini muncul akibat anda kurang selektif dalam memilih makanan. Contoh makanan yang kaya akan kolesterol jahat adalah bebek goreng, ayam goreng, gorengan dan makanan yang mengandung banyak minyak. Apalagi jika saat penggorengan berlangsung, minyak goreng digunakan berkali-kali hingga warnanya menghitam. Disitulah kolesterol jahat yang kemudian akan masuk ke tubuh untuk menebar penyakit berbahaya.

Manfaat Daun Sirsak

Obat Kanker

Khasiat daun sirsak selanjutnya adalah mencegah dan mengobati kanker salah satunya kanker tenggorokan. Berdasarkan penelitian, daun sirsak mengandung zat proaktif yang mampu membunuh sel kanker. Zat proaktif didalam daun sirsak juga mampu melihat sel mana yang harus dibunuh dan sel mana yang harus tetap hidup. Karena itulah, daun sirsak ini dipercaya memiliki keampuhan hingga 100 kali lipat dibandingkan pengobatan kanker melalui kemoterapi. Cara mendapatkan manfaat tersebut adalah dengan meminum air rebusan daun sirsak rutin setiap pagi dan sore selama beberapa minggu. Jika setidaknya anda sudah mencobanya selama 3 minggu, maka anda akan mulai merasakan efek bahwa tubuh anda sudah menjadi lebih ringan dari biasanya. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai tindakan yang anda ambil.

Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Asam Urat

Obat Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang seseorang akibat penderita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang berlebihan. Biasanya, purin banyak dikandung oleh buah belinjo. Bagi anda yang sudah terlanjur mengidap penyakit ini, tidak usah risau karena penyakit tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan daun sirsak. Cara memanfaatkannya adalah dengan membuat rebusan air daun sirsak kemudian meminumnya selagi hangat. Selain menyembuhkan penyakit asam urat, air rebusan daun sirih juga berkhasiat sebagai pencegah penyakit diabetes mellitus.

Manfaat Daun Sirsak

Obat Ambeien atau Wasir

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah sebagai obat penyembuh penyakit wasir. Seperti yang kita ketahui, wasir merupakan penyakit yang menyerang anus berupa pembengkakan. Pada kondisi yang sudah berbahaya, wasir akan menyebabkan anus sang penderita terasa sangat nyeri dan mengeluarkan darah. Uniknya, penyakit separah itu dapat diobati oleh daun dari tanaman yang tidak terduga yaitu daun sirsak. Daun sirsak mengandung zat yang mampu menghentikan pendarahan pada anus dan juga mampu membuat otot sekitar anus menjadi lebih rileks sehingga pembengkakan sedikit dei sedikit akan berkurang. Dengan begitu, penyakit tersebut akan dapat diatasi.

Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Radang Tenggorokan dan Kesehatan Lainnya

Cara Menghilangkan Jerawat

Manfaat kedua yaitu dapat mencegah, mengobati jerawat, flek hitam dan komedo pada kulit wajah kita, sehingga dapat menjadikan kulit wajah kita bersih, halus, berseri dan jauh dari jerawat. Cara untuk membuat ramuan dari daun sirsak untuk kecantikan kulit wajah yaitu : pertama – tama kita ambil 8 lembar daun sirsak, setelah itu kita tumbuk sampai halus. Kemudian setelah di tumbuk,kita campurkan dengan air sampai tercampur merata dan beri sedikit garam lalu gunakan sebagai masker wajah. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Radang Tenggorokan dan Kesehatan Lainnya

Tips Memanfaatkan Daun Sirsak

Jika anda menggunakan daun sirsak untuk berbagai keperluan kesehatan ada baiknya mengikuti beberapa tips yang kami rangkum berikut ini:
  • Bersihkan daun. Jangan lupa bersihkan daun dengan air mengalir karena akan banyak terdapat kuman, dan bakteri di daun sirsak, termasuk juga buahnya.
  • Jangan konsumsi terlalu berlebihan, pastikan anda mengikuti anjuran yang diberikan agar tidak mengurangi khasiat dari daun tersebut.
  • Konsultasikan ke ahli herbal terkait. Pastikan anda melakukan konsultasi dengan ahli herbal terkait untuk mendapatkan informasi real mengenai manfaat daun tanaman sirsak, cara penggunaan, dan kandungan gizinya.
Demikian manfaat daun sirsak untuk kesehatan khususnya obat radang tenggorokan. Semoga dapat sedikit membantu Anda dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Radang Tenggorokan, Kanker, Asam Urat, Kolesterol dan Menghilangkan Jerawat Rating: 5 Posted By: saep

2 komentar:

Musik Closer said...

Selain buahnya yang enak, ternyata daun sirsak juga memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

saep said...

Semoga bermanfaat...:)