Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

20 Obat Alami Radang Tenggorokan Anak dan Dewasa Paling Manjur

20 Obat Alami Radang Tenggorokan Anak dan Dewasa Paling Manjur - Yang paling umum ketika musim kemarau berkepanjangan ialah meradangnya sakit tenggorokan. Biasanya, cuaca yang panas lalu dengan ditambah debu yang bertebaran akan mengakibatkan daya tahan tubuh kita menurun.
Sakit di tenggorokan bisa menjadi salah satu gejala penyakit di saluran pernapasan seperti radang tenggorokan. Masyarakat awam biasanya meremehkan masalah ini. Padahal kenyataannya, ketika Anda membiarkan penyakit ini sampai meradang dan sangat mengganggu aktivitas harian anda, ia dapat berubah menjadi sangat fatal.
Apalagi jika sudah timbul memar yang memerah pada batang tenggorokan serta munculnya bintik putih, gejala awalnya penderita enggan untuk memakan makanan apapun.
Perlu Anda ketahui bahwa radang tenggorokan bisa menyebabkan beberapa penyakit yang membahayakan seperti rusaknya klep jantung, munculnya campak, bisa menyebabkan sinusitis, juga mengundang kondosi bronkhitis dan penyakit lainnya. Insya Allah saya akan membahasnya khusus dipertemuan mendatang.

Obat Alami Radang Tenggorokan

20 Obat Alami Radang Tenggorokan Anak dan Dewasa Paling Manjur

Secara ilmu kedokteran, radang tenggorokan merupakan kondisi dimana tenggorokan mengalami infeksi dari bakteri atau virus. Keadaan ini akan mampu menyebabkan tenggorokan Anda mengalami peradangan, iritasi hingga suara yang berubah menjadi serak dan kehabisan suara akibat pitanya terganggu oleh virus tadi. Anda bisa menggunakan berbagai bahan alami berikut untuk obat radang tenggorokan.

1. Teh Jahe
Siapa yang tidak tahu jahe. Bahan yang sering digunakan menjadi penghangat tubuh ini juga bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan.
Hal ini dikarenakan ia memiliki kandungan zingiberin yang sangat membantu menghilangkan racun yang berada di tubuh, serta lebih meningkatkan sirkulasi darah. Jahe, bisa digunakan sebagai obat tenggorokan, dikarenakan ia memiliki khasiat seperti anti inflamasi.
Khasiat ini akan sangat membantu untuk pembunuhan bakteri-bakteri jahat yang ada di tubuh. Anda bisa mengiris beberapa ruas jahe, tambahkan dengan secangkir teh hangat.

2. Bunga Echinacea
Bunga ini menjadi salah satu bahan herbal yang dipercaya bisa mengobati radang tenggorokan. Echinacea bisa membantu meningkatkan kesehatan dengan cara yang sangat alami. Kandungan beberapa senyawa termasuk minyak esensial akan meningkatkan fungsi alami sistem kekebalan tubuh Anda. 
Bahkan ketika bagian dari campuran air dan bunga echinacea melewati tenggorokan maka bisa menyebabkan infeksi pada tenggorokan akan pulih. 
Caranya adalah memasukkan beberapa bagian bunga ke dalam air hangat. Kemudian gunakan airnya untuk berkumur. Anda juga bisa menggunakan jenis obat pelega pernafasan yang berbentuk semprot dengan kandungan bunga echinacea. Gambarannya bisa dilihat dibawah ini:

20 Obat Alami Radang Tenggorokan Anak dan Dewasa Paling Manjur


3. Air Garam
Garam, Anda pasti tidak asing dengan bumbu yang satu ini. Salah satu bahan yang mudah di dapat ini ternyata mampu menyembuhkan radang tenggorokan Anda. Anda bisa mengobati radang tenggorokan dengan 2 cara, yakni berkumur dengan air garam atau meminum air garam.
Mengapa air garam di minum? Hal ini dikarenakan ia mampu menghilangkan panas ketika Anda meminumnya. Panas juga bisa menjadi salah satu penyebab dari radang tenggorokan. Garam memiliki fungsi sebagai antiseptik yang alami.
Ia mampu membersihkan lendir yang berada di tenggorokan serta menghilangkan rasa sakitnya. Sebelum Anda menggunakan air garam untuk berkumur, Anda bisa memastikan suhu air normal, tambahkan sesendok teh garam, aduk hingga merata, kumur sehari 3x.

4. Lemon
Lemon yang kaya dengan kandungan vitamin C ini juga mampu mengatasi radang tenggorokan Anda. ramuan alami ini hanya membutuhkan tambahan madu. Sediakan 1 sdm lemon, serta 1 sdm madu. Campurkan dengan tambahan secangkir air hangat.
Minum ramuan ini secara teratur 3 kali sehari. Tenggorokan pun akan berangsung-angsur membaik. Bila di rumah Anda tidak memiliki ketersediaan lemon, Anda juga bisa menggunakan madu saja. Hal ini dikarenakan, madu memiliki zat antibiotik yang sangat alami. Sehingga luka pada tenggorokan pun akan bisa berangsur sembuh.

5. Teh Bunga Chamomile
Obat radang tenggorokan tradisional lainnya adalah dengan bunga chamomile. Teh bunga chamomile sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan ketika Anda terkena radang tenggorokan. 
Bahkan teh bunga chamomile bisa membantu menyembuhkan radang tenggorokan dengan cara mengobati luka pada bagian selaput lendir. 
Kandungan beberapa bahan alami dalam bunga chamomile sangat baik untuk membantu melawan infeksi, membangkitkan kesehatan selaput lendir dan menjaga agar Anda bisa istirahat dengan baik. 
Cara perawatan ini dilakukan denga mencampurkan teh alami dengan jenis teh bunga chamomile yang sudah dikeringkan. Anda juga bisa menggunakan teh bunga chamomile yang benar-benar sudah jadi.

20 Obat Alami Radang Tenggorokan Anak dan Dewasa Paling Manjur

6. Madu
Cairan manis ini merupakan salah satu bahan alami berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk radang tenggorokan. Campurkan 1 sendok makan madu dengan air hangat lalu minum pada pagi hari. Madu dapat menyembuhkan iritasi pada tenggorokan secara alami.

7. Bawang Putih
Bahan yang sering dipergunakan para ibu untuk bumbu masakan ini ternyata bisa mengobati sakit seperti radang tenggorokan. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan senyawa bernama allicin. Allincin adalah zat yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri.
Prosesnya sangat mudah, Anda bisa mengunyah bawang putih, dan kumur dengan menggunakan air hangat. Bawang yang Anda kunyah ini dalam keadaan yang mentah, bukan bawang yang telah Anda masak. Setelah berkumur, Anda bisa meminum air campuran madu.

8. Tanaman Alang-Alang
Tanaman alang-alang sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman herbal yang berkhasiat mengobati bermacam penyakit. Diantaranya melancarkan air seni, meredakan hipertensi hingga mengatasi keputihan. Termasuk mengobati radang tenggorokan.
Caranya, bersihkan 1 genggam batang alang-alang kemudian direbus hingga mendidih. Air rebusan disaring kemudian diminum sekali sehari.

9. Pisang
Buah pisang juga ternyata bisa digunakan untuk meredakan penyakit radang pada tenggorokan. Caranya juga cukup mudah dan enak. Anda tinggal mengkonsumsi buah pisang tersebut seperti biasa.
Kemampuan pisang dalam mengatasi radang tenggorokan adalah karena teksturnya yang lembut, mudah dicerna, dan kaya akan kandungan antioksidan serta vitamin C yang bagus untuk mengobati peradangan.

10. Telur Orak-Arik
Satu lagi makanan yang dapat membantu mengatasi radang tenggorokan, yaitu telur orak-arik. Telur bukan hanya kaya protein dan berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh, namun juga bisa meredakan pedih di tenggorokan dan meredakan radang di tenggorokan.
Tapi ingat, jangan terlalu banyak garam dan minyak saat mengolahnya karena dapat memperparah peradangan di tenggorokan.

20 Obat Alami Radang Tenggorokan Anak dan Dewasa Paling Manjur

11. Teh Daun Mint 
Teh daun mint adalah salah satu bahan yang akan membuat radang tenggorokan mereda. Bahan ini bisa memberikan efek melegakan saluran pernafasan, asma, meringankan iritasi pada bagian tenggorokan dan melawan penyeban infeksi seperti virus atau bakteri. 
Cara perawatan ini dilakukan dengan mencampur beberapa helai daun mint yang masih segar ke dalam satu cangkir ai hangat. Kemudian biarkan selama beberapa saat. Setelah itu gunakan teh ini untuk berkumur dan tahan di bagian tenggorokan. 
Anda juga bisa meminum teh ini untuk mendapatkan manfaat penyembuh radang tenggorokan yang lebih cepat.
 
20 Obat Alami Radang Tenggorokan Anak dan Dewasa Paling Manjur

12. Kunyit
Selain sebagai bumbu untuk para ibu memasak, kunyit juga bisa menjadi salah satu ramuan yang ampuh untuk menumpas rasa sakit di tenggorokan. Bahan tambahan untuk mengolah kunyit menjadi obat sangat mudah di temukan.
Bahan yang harus Anda siapkan seperti 2 ruas jari kunyit, 1 sdt garam. Caranya dengan, kupas kunyit hingga bersih, potong dengan halus, siapkan air 300 ml. Siapkan kompor, dan panci. Rebus kunyit tambahkan garam. Setelah mendidih diamkan hingga air rebusan menjadi hangat. Kumur dengan menggunakan air rebusan secara teratur 3 hingga 4 kali sehari.

13. Buah Belimbing
Tahukah Anda bila buah yang memiliki bentuk seperti bintang ini mampu mengobati radang tenggorokan? Buah ini memiliki khasiat anti-radang yang dapat Anda pergunakan untuk mengobati peradangan yang berada di tenggorokan.
Cara yang bisa Anda lakukan dengan mengonsumsinya secara langsung. Cara lain, Anda bisa membuatnya sebagai jus. Namun hindari menambahkan gula.

14. Sup Ayam
Dari berbagai macam obat tradisional yang alami, sepertinya sup ayam lah yang menjadi idola. Sup ayam ialah obat untuk tenggorokan gatal paling enak dan lezat. Kaldu yang berada di dalam sup ayam ini akan membantu Anda untuk menghangatkan tubuh serta mampu membuat tenggorokan menjadi hangat. Sup ini baik di konsumsi ketika tenggorokan Anda gatal seperti ingin batuk. Ia dapat merangsang pengeluaran lendir yang berada di dalam tenggorokan.

15. Daun Kemangi
Sepertinya untuk mendapatkan daun ini bukan perkara yang sulit. Anda bisa mendapatkannya dengan bebas di swalayan. Daun ini ternyata ampuh untuk menumpas radang tenggorokan.
Caranya dengan merebus daun kemangi. Setelah mendidih, Anda bisa meminum air rebusan dari daun. Selain meminum air rebusan daun, Anda bisa berkumur dengan air rebusan. Kumuran air rebusan ini akan mampu mengurangi radang tenggorokan Anda.

20 Obat Alami Radang Tenggorokan Anak dan Dewasa Paling Manjur

16. Minum Jus Buah Delima
Buah delima sangat baik untuk membantu menyembuhkan radang tenggorokan. Buah delima mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang bisa menjadi sumber antioksidan.
Kemampuan vitamin C dalam buah delima bisa membantu menyembuhkan infeksi yang menyerang pada bagian tenggorokan. Selain itu buah delima juga mengandung astringet yang bisa membuat jaringan tubuh menjadi lebih baik.
Anda bisa minum jus buah delima atau jika tidak suka dengan rasanya maka cukup berkumur dengan air dari jus delima. (baca juga: buah yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnya).

17. Minyak Kayu  Putih
Pengobatan yang akan kita lakukan kali ini dinamakan Steaming. Yang perlu dipersiapkan adalah satu ember air panas dan minyak kayu putih. Caranya, ambil seember air panas yang masih menguap kemudian beri tetesan minyak kayu putih.
Dekatkan hidung dan hirup uapnya, jangan lupa tutup dengan handuk agar uapnya tidak kemana-mana. Prosesi ini untuk melancarkan pernafasan dan mengencerkan dahak yang ada di tenggorokan.

18. Ramuan Akar Licorice
Akar licorice sudah dipercaya sebagai bahan alami yang bisa menyembuhkan berbagai jenis gangguan tenggorokan seperti radang tenggorokan. Akar licorice juga digunakan sebagai bahan permen yang membantu melegakan pernafasan. Efeknya sangat menyegarkan untuk tenggorokan seperti ketika Anda makan permen yang mengandung daun mint.
Untuk menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat Anda bisa menggunakan pelega tenggorokan yang mengandung akar licorice, atau menggunakan akar licorice yang masih alami.
Biasanya toko herbal yang menyediakan bahan obat tradisional juga menjual akar licorice. Caranya adalah dengan mencampurkan akar licorice ke dalam air yang mendidih. Setelah itu diamkan hingga dingin. Lalu saring airnya dan gunakan untuk berkumur selama beberapa kali. Akar licorice juga bisa mencegah bahaya ISPA bagi kesehatan.

20 Obat Alami Radang Tenggorokan Anak dan Dewasa Paling Manjur

19. Ramun Akar Marshmallow

Akar marshmallow sering digunakan untuk mengobati rasa sakit tenggorokan. Dan budaya dari Mediteranian ini sudah lama dilakukan oleh masyarakat asli. Dan khasiatnya memang sangat luar biasa untuk membantu menjaga kesehatan tubuh serta membunuh bakteri atau virus penyebab infeksi pada tenggorokan. 
Penelitian membuktikan jika perawatan radang tenggorokan dengan akar marshmallow akan mengobati iritasi pada selaput lendir seperti pada tenggorokan. Cara perawatan yaitu:
  • Tambahkan satu atau dua bagian yang pendek dari akar marshmallow ke dalam satu cangkir air panas.
  • Kemudian tunggu hingga dingin lalu minum dan sedikit tahan di tenggorokan.
  • Anda juga bisa menambahkan madu untuk meningkatkan khasiat akar marshmallow.
Berikut bentuk daunnya:

20 Obat Alami Radang Tenggorokan Anak dan Dewasa Paling Manjur

20. Baking Soda  Baking soda adalah bahan yang sangat baik untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Bahan ini juga mudah didapatkan dan sama sekali tidak menyebabkan efek samping. Baking soda bisa membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan radang tenggorokan. 
Bahkan bahan baking soda juga bisa membantu mengatasi iritasi dan tidak nyaman pada tenggorokan. Cara perawatan ini dilakukan dengan mencampur satu sendok teh baking soda kemudian campurkan dengan satu cangkir air hangat. Kemudian aduk hingga larut dan gunakan untuk berkumur. 
Cara ini akan membantu mengobati radang tenggorokan dengan bahan alami dalam waktu yang sangat cepat dan aman.

20 Obat Alami Radang Tenggorokan Anak dan Dewasa Paling Manjur Rating: 5 Posted By: saep

0 komentar: