Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Mengobati Radang Tenggorokan dengan Jeruk Nipis yg Aman

Mengobati Radang Tenggorokan dengan Jeruk Nipis yg Aman - Radang tenggorokan merupakan suatu penyakit yang menjengkelkan, apalagi sebagian aktifitas kita meu tidak mau harus mengeluarkan suara, tentu ini sangat mengganggu pekerjaan wajib itu. Tidak hanya bagi pengguna vokal, siapapun diantara kita akan sangat kesal jika sakit tenggorokan meradang.

Mengobati Radang Tenggorokan dengan Jeruk Nipis yg Aman

Penyakit ini umumnya disebabkan oleh perubahan dari hujan ke panas, tapi tidak sedikit akibat cuaca dingin juga menjadi aktor pemicu timbulnya radang tenggorokan. Gejala yang paling lumrah biasanya merasakan kekeringan di saluran kerongkongan, sehingga menimbulkan rasa gatal dan sebagainya, terutama ketika daya tahan tubuh kita sedang tidak normal/menurun.

Penyakit ini ditandai juga dengan rasa sakit saat menelan dan tenggorokan tampak bengkak merah atau putih. Kadang penderitanya juga mengalami sedikit demam dan perasaan lelah. Jika menghendaki pengobatan secara alami, penggunaan jeruk nipis cukup mujarab untuk menyingkirkan. Pasalnya, dalam jeruk nipis terkandung banyak zat bermanfaat yang memicu peningkatan kekebalan tubuh. 

Jeruk nipis adalah salah satu varian buah jeruk yang biasa digunakan untuk pengobatan dan kecantikan khususnya radang tenggorokan. Jarang sekali atau bahkan tidak ada yang mengkonsumsinya langsung karena rasanya yang sangat asam. Biasanya dicampur dengan madu atau ditambahkan dengan bahan lainnya.

Di dalam ekstrak buah jeruk nipis mengandung minyak limonene dan linalool, flavonoid seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Sedangkan jeruk nipis yang sudah matang memiliki kandungan synephrine dan N-methyltyramine, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C yang tentu kesemua ini sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit.

Mengobati Radang Tenggorokan dengan Jeruk Nipis yg Aman

Terdapat beberapa pilihan mengenai penggunaan jeruk nipis sebagai obat radang tenggorokan ini, berikut rinciannya:
  1. Siapkan air jeruk nipis dari perasan 3 buah jeruk dan campurkan dengan air panas setengah gelas. Tuangkan satu sendok madu lalu aduk rata. Minum ramuan dalam kondisi hangat tiga kali sehari. Gunakan pula ramuan ini untuk berkumur selama dua menit sebagai antiseptik.
  2. Siapkan air perasan dari dua jeruk nipis yang ditambahkan beberapa bagian garam. Masukkan air hangat dan aduk rata. Pakailah ramuan ini untuk berkumur. Manfaatnya yaitu mengatasi rasa sakit di tenggorokan, serak pada suara, hingga kesulitan menelan.
  3. Jika tenggorokan sakit karena banyaknya lendir yang menggumpal, siapkan ramuan seperti tersebut pada poin dua, tapi diminum airnya.
  4. Siapkan air dua gelas lalu rebus bersama empat batang kecil kayu putih dan cangkang makota dewa 8 buah. Setelah sisa satu gelas, angkat dan biarkan hangat. Minum ramuan tersebut dengan menambahkan perasan jeruk nipis setengah buah. Cara ini cocok untuk radang tenggorokan yang sudah parah dan minumlah tiga kali dalam sehari.
Selain menjadi bahan alami untuk mengatasi radang tenggorokan, jeruk nipis juga dapat mengobati berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa panyakit yang bisa diredakan dengan khasiat jeruk nipis ini:

Batu Ginjal
Batu ginjal merupakan suatu penyakit yang sangat menyusahkan penderitaDua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

Mengobati Radang Tenggorokan dengan Jeruk Nipis yg Aman

Haid Tidak Teratur
Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari

Menghilangkan Bau Badan
Bau badan tak sedap bisa membuat seseorang minder dan terasing dari pergaulan. Namun tidak perlu khawatir, karena sebuah jeruk nipis bisa mengatasinya. Potong satu jeruk nipis berukuran besar menjadi dua bagian. Olesi bagian dalam jeruk dengan kapur sirih. Oleskan di ketiak setelah mandi. Diamkan selama 5 menit lalu bilas.

Mengatasi Wasir
Punya penyakit wasir? Buatlah ramuan obat wasir dengan bahan jeruk nipis. Ambil 10 gr akar pohon jeruk nipis. Cuci bersih lalu rebus dengan air mendidih selama 30 menit dan saring. Minum dalam keadaan hangat tiga kali sehari.

Mengobati Radang Tenggorokan dengan Jeruk Nipis yg Aman

Hipertensi
Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.

Mencegah Rambut Rontok atau Berketombe
Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.Meredakan Batuk
Anda terserang batuk dan melihat ada buah jeruk nipis di lemrai es? Tenanglah, itu bisa dipakai untuk menyembuhkan batuk anda. Siapkan segelas air hangat. Peras satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata dan saring. Minum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk Anda.

Mengobati Radang Tenggorokan dengan Jeruk Nipis yg Aman

Kurap atau Panu
Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.

Amandel
Penyakit amandel juga bisa disembuhkan dengan ramuan herbal jeruk nipis, selengkapnya di artikel seputar penyakit amandel. Cuci 3 kulit jeruk nipis. Potong-potong menjadi bagian kecil lalu rebus dengan 2 gelas air mendidih hingga tersisa ¾ nya kemudian saring. Dalam keadaan hangat gunakan air tersebut untuk berkumur, 3-4 kali sehari.

Mengobati Radang Tenggorokan dengan Jeruk Nipis yg Aman

Melebatkan Rambut
Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat. Sampo merang dibuat dari 1 ikat merang, dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas.

Sakit Gigi
Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

Mengobati Radang Tenggorokan dengan Jeruk Nipis yg Aman

Demikian ulasan singkat mengenai khasiat jeruk nipis sebagai alternatif mudah untuk mengobati radang tenggorokan khususnya. Semoga sembuh ya...!

Mengobati Radang Tenggorokan dengan Jeruk Nipis yg Aman Rating: 5 Posted By: saep

0 komentar: