Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Dan Batuk Pada Anak Balita Dengan Cepat Secara Alami

Cara mengobati radang tenggorokan sebenarnya tidak sesulit yang digambarkan oleh kebanyakan orang. Banyak sekali jenis obat-obatan tradisional yang mudah dibuat dan dinilai manjur untuk mengatasi radang tenggorokan anak. Bahkan ketimbang harus membeli obat batuk yang dijual bebas di pasaran, obat herbal mungkin menjadi alternatif yang lebih baik. Selain terbuat dari bahan-bahan yang alami dan aman bagi si anak, Anda juga tidak perlu menyita waktu Anda untuk pergi ke apotek atau ke toko. Bagaimana? Tertarik untuk mengetahui berbagai cara mengobati radang tenggorokan? Eit, tenang dulu, ketahui dulu penyebab dan gejalanya:

5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Dan Batuk Pada Anak Balita Dengan Cepat Secara Alami

Penyebab umum

Radang tenggorokan pada anak dapat terjadi karena berbagai macam hal. Penyebab paling sering dan utamanya tentu saja adalah infeksi oleh virus atau bakteri. Infeksi bakteri biasanya membutuhkan kunjungan ke dokter untuk pemberian obat, namun infeksi virus dapat disembuhkan sendiri dengan penanganan yang tepat di rumah. Maka, Anda dapat mencoba menggunakan cara mengobati radang tenggorokan dan batuk pada anak terlebih dahulu sebelum membawa sang buah hati ke dokter.

Gejala umum

Si kecil merasa sakit ketika menelan dan batuk, tidak mau makan dan rewel, bisa jadi itu tanda-tanda radang tenggorokan pada anak. Selain batuk, gejala radang tenggorokan pada anak atau faringitis bisa juga berupa tenggorokan terasa kering dan gatal, disertai sakit kepala, badan terasa lelah, dan nyeri otot. Radang tenggorokan merupakan gejala yang paling sering menyerang anak-anak serta remaja dan disebabkan oleh virus dan bakteri. Lanjut ke tofik utama cara mengobati radang tenggorokan...

5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Dan Batuk Pada Anak Balita Dengan Cepat Secara Alami

Nah selain obat dokter ternyata ada beberapa obat alami yang juga bagus untuk cara mengobati radang tengorokan pada anak, nah bunda mau tahu apa saja itu? Simak uraiannya berikut ini:

1. Diredakan dengan air putih

Minum air dalam jumlah yang lebih dari biasanya merupakan salah satu cara mengobati radang tenggorokan dan batuk anak yang paling penting. Mendapatkan asupan cairan yang cukup dapat membuat dahak lebih encer, melembapkan saluran tenggorokan dan mencegah keadaan dehidrasi. Bila tidak suka air putih, Anda dapat memberikan air teh, air susu, jus atau bahkan kuah sop ayam. Yang jelas, pastikan anak Anda mendapatkan minimal 8 gelas air atau 2 liter air setiap harinya. Minum air yang hangat dan dingin juga dapat menjadi obat amandel untuk anak. Berikan air dalam suhu yang anak inginkan.

2. Tindak lanjuti dengan air garam

Sama seperti orang dewasa, cara mengobati radang tenggorokan dan batuk pada anak juga bisa dengan air garam. Caranya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Namun karena masih anak-anak, Anda harus mengajarkan bagaimana cara berkumurnya. Ajarkan si anak untuk menahan air garamnya di tenggorokan, lalu membuangnya lagi. Dan tentu saja cara ini hanya bisa digunakan oleh anak yang sudah cukup umur. Fungsi garam sendiri adalah untuk mengencerkan lendir dan melegakan tenggorokan.

3. Perbanyak vitamin C

Atas dasar sebuah penelitian, para ahli medis menemukan bahwa cara mengobati radang tenggorokan dan batuk dengan mengonsumsi vitamin C secara teratur dapat mengurangi lama dan tingkat keparahan penyakit tersebut pada balita khususnya. Namun, tidak dapat mencegah radang tenggorokan pada populasi biasa, tapi bermanfaat bagi mereka yang mengalami stres fisik yang ekstrim (misalnya, pelari maraton dan atalet lainnya).

4. Khasiat dahsyat dari Madu dan Jahe

Jahe dan Madu sangat ampuh untuk cara mengobati radang tenggorokan dan batuk pada anak balita, sebab Jahe mengandung anti inflamasi yang menenangkan tenggorokan dan melawan infeksi, serta khasiat madu yang tidak bisa diragukan lagi. Caranya parut jahe terus campurkan dengan madu biarkan anak menghisap parutan jahe yang sudah dicampur madu tadi.

5. Permen manis pereda radang tenggorokan

Saat ini banyak dijual dipasaran permen yang dapat diberikan untuk cara mengobati radang tenggorokan dan batuk. Namun anda harus memperhatikan usia anak ya bunda, apakah sudah bisa makan permen atau belum. Permen tersebut dapat memberikan rasa segar pada tenggorokan dan membuat kerongkongan terasa ringan.

Demikian artikel bermanfaat tentang 5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Dan Batuk Pada Anak Balita Dengan Cepat Secara Alami ini saya bagikan agar semua orang tua khususnya Ibu dapat memiliki pegangan saat ketika si kecil mengalaminya.

5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Dan Batuk Pada Anak Balita Dengan Cepat Secara Alami Rating: 5 Posted By: Urat- ku

0 komentar: