Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

15 Obat Batuk Kering , Berdahak dan Tenggorokan Gatal yang Manjur dan Aman di Apotik

Obat Batuk dan Gatal Tenggorokan di Apotik . Batuk merupakan penyakit yang pernah dialami oleh masyarakat yang ada di muka bumi ini. Hal itu dikarenakan batuk merupakan penyakit yang mudah menular, ketika sistem imun sedang buruk orang yang berdekatan dengan virus batuk bisa dengan mudah tertular. Pada dasarnya ada dua jenis batuk yang bisa terjadi pada manusia, yang pertama adalah batuk berdahak dan yang kedua adalah batuk kering.

Untuk obat batuk berdahak diperlukan obat yang bisa digunakan untuk meredakan dahak dan mengencerkan dahak yang ada di tenggorokan sehingga dahak itu bisa menghilang dan batuk pun sembuh. Sedangkan untuk batuk kering diperlukan obat yang bisa digunakan untuk meredakan rasa gatal di tenggorokan dan mengurangi frekuensi batuk.

Obat Batuk Kering dan Tenggorokan Gatal di Apotik

15 Obat Batuk Kering , Berdahak dan Tenggorokan Gatal yang Manjur dan Aman di Apotik

Saat seseorang terkena batuk dan tenggorokan gatal lebih dari dua hari lamanya dia akan langsung mencari obat batuk dari medis atau obat kimia. Memang obat kimia ini memiliki kelebihan dan kekurangan, selain praktis dan bisa digunakan untuk meredakan batuk dalam waktu yang singkat, obat batuk secara kimia ini bisa digunakan tanpa harus meraciknya terlebih dahulu dan bisa mudah ditemukan dimana saja. Berikut ini adalah berbagai macam obat batuk secara medis di Apotik yang bisa digunakan :

1. Antitussive
Obat pertama yang bisa anda gunakan sebagai obat batuk dan tenggorokan gatal secara medis adalah obat batuk antitussive. Obat batuk tersebut memiliki fungsi sebagai penekan batuk. Jika batuk ditekan maka frekuensi dari batuk tersebut tidak sesering sebelum mengkonsumsi obat ini. Obat ini digunakan bagi orang yang mengalami batuk kering. Berbagai macam obat batuk kering yang ada di toko obat menggunakan obat ini untuk bisa menekan batuk penderita.

2. Dekongestan
Obat dekongestan merupakan obat yang dikombinasikan dengan obat antihistamin dan juga obat antitussive yang berguna untuk mengobati batuk dan meredakan batuk dan tenggorokan gatal. Pada dasarnya obat dekongestan dan juga obat antihistamin ini berfungsi sebagai obat yang berfungsi untuk menghilangkan berbagai macam gangguan di saluran pernafasan manusia terutama hidung, mulut dan juga tenggorokan. Masalah yang sering dikait kaitkan dengan masalah hidung, mulut dan tenggorokan adalah batuk, flu dan juga alergi. Obat ini bisa anda gunakan untuk mengatasi permasalahan batuk pada umumnya. Pada batuk berdahak pun banyak yang menggunakan kombinasi antara dekongestan dengan antihistamin.

3. Antihistamin
Selain bisa digunakan sebagai obat gatal-gatal dan juga sebagai obat cacar air , obat antihistamin ini sangat bermanfaat untuk mengatasi batuk kering berasa gatal di tenggorokan dan batuk berdahak. Antihistamin ini memiliki fungsi sebagai pengurang rasa gatal yang ada di dalam tenggorokan manusia dan juga mengurangi dorongan seseorang untuk batuk. Pada beberapa obat antihistamin berguna untuk menenangkan penderita batuk sehingga orang yang mengalami batuk akan tidur dengan nyenyak. Namun yang harus diingat disini adalah obat ini tidak boleh disalahgunakan sebagai cara mengatasi susah tidur.

4. Obat Kumur
Salah satu cara medis yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah batuk kering yang anda alami adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik. Obat kumur itu berguna sebagai pembunuh kuman, virus dan juga bakteri yang menjadi penyebab tenggorokan gatal dan juga batuk. Saat ini banyak produk kesehatan yang berbasis antiseptik, mulai dari obat kumur antiseptik dan juga sabun cuci tangan antiseptik. Kebanyakan obat kumur antiseptik ini berguna sebagai cara mengobati sakit gigi dan juga sebagai cara mengobati gusi bengkak. Obat kumur ini juga berguna sebagai pereda batuk yang anda alami.

5. Anti Infalamasi
Obat secara medis yang bisa anda gunakan selanjutnya adalah obat anti inflamasi. Obat ini sangat penting untuk mengatasi batuk kering dan tenggorokan gatal. Oleh sebab itu ketika anda membeli obat batuk sebaiknya anda memastikan bahwa di dalam obat batuk itu ada obat anti inflamasinya. Mengapa obat ini penting ada di dalam obat batuk?, alasannya karena obat ini berguna untuk menghindari batuk menjadi peradangan. Jika sudah menjadi peradangan maka tenggorokan akan terasa sakit sebab tenggorokan sudah terkena radang dan iritasi. Oleh sebab itu obat ini penting ada dan penting untuk dikonsumsi khususnya bagi batuk kering. Batuk kering tanpa dahak ketika batuk akan melukai tenggorokan sehingga rentan untuk terkena peradangan.

Obat Batuk Berdahak di Apotik

6. Ekspektoran
Obat batuk untuk mengatasi batuk berdahak bisa dengan menggunakan obat batuk jenis ekspektoran. Mungkin obat batuk itu tidak asing lagi di telinga masyarakat. Namun tahukah anda apa obat ekspektoran tersebut?, obat ekspektoran merupakan obat yang berguna untuk mengeluarkan dahak yang ada di dalam tenggorokan dan juga paru-paru manusia, obat itu juga berguna untuk mengencerkan dahak sehingga dahak akan mudah dikeluarkan. Ketika dahak banyak yang dikeluarkan maka batuk berdahak itu akan cepat untuk disembuhkan.

7. Mukolitik
Obat batuk secara medis atau secara kimia yang bisa bermanfaat untuk mengatasi batuk berdahak anda adalah obat batuk dengan jenis mukolitik. Mukolitik ini juga bermanfaat sebagai pengencer dahak sehingga dahak akan mudah dikeluarkan. Sifat dahak itu adalah tebal, lengket dan menempel sehingga jika tidak diencerkan maka dahak itu akan tetap melekat kuat disana dan tidka bisa dikeluarkan.

8. Amoxcilin
Obat ini diberikan sebanyak tiga kali dalam sehari dimana pemberiannya setiap 8 jam sekali. Fungsi dari obat ini adalah sebagai pereda infeksi ringan sampai dengan infeksi sedang. Sayangnya obat ini tidak cukup ampuh untuk mengatasi bakteri penyebab tipus. Obat ini juga bersifat antibiotik dengan jenis penisilin yang berguna untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang disebabkan dengan jenis bakteri. Jika batuk anda disertai dengan infeksi di saluran pernapasan maka obat ini akan cukup ampuh untuk mengatasi infeksi yang sedang anda alami. Yang harus anda perhatikan adalah sebaiknya anda berkonsultasi kepada pihak medis terlebih dahulu sebelum mengobati batuk menggunakan obat ini.

9. Ciprofloksasin
Obat ini merupakan obat batuk kimia yang bisa anda gunakan, sayangnya obat ini tidak bagus dikonsumsi bagi anak-anak yang sedang menderita batuk. Fungsi obat ini sama dengan obat Amoxcilin dimana berfungsi sebagai anti bakteri. Obat ini mampu menghilangkan bakteri dan virus yang menyebabkan batuk di saluran pernapasan.

10. Cefadroksil
Obat ini akan diberikan selama 12 jam sekali untuk mengatasi batuk berdahak maupun batuk kering. Tidak hanya batuk saja yang diatasi menggunakan obat ini melainkan berbagai macam infeksi yang ada di saluran pernapasan. Obat ini juga termasuk dalam antibiotik namun spectrum lebih luas dibandingkan dengan obat antibiotik yang lainnya.

11. Ambroxol
Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak dan akan diberikan dengan dosis tiga kali dalam sehari. Amboroxol tergolong dalam obat golongan mukolitik dan bisa sebagai pengencer dahak. Saat dahak sedang banyak-banyaknya atau saat pertama kali terkena batuk berdahak sebaiknya anda mengkonsumsi obat pengencer dahak agar dahak yang menempel di tenggorokan segera menghilang.

12. Bromhexine
Obat mukolitik yang berguna untuk mengencerkan dahak banyak sekali jenisnya, bromhexine ini merupakan obat yang berguna sebagai pengencer dahak dan mengurangi dahak seperti obat mukolitik lainnya. Pembuangan dahak dari saluran pernapasan menggunakan obat ini tergolong efektif sehingga dahak pun akan menjadi berkurang. Untuk menghilangkan batuk menggunakan obat ini bisa dengan cara mengkonsmsinya sebanyak tiga kali dalam sehari.

13. Dextromethorphan
Obat kimia yang bisa digunakan untuk mengobati batuk kering atau tidak berdahak bisa mengkonsumsi obat ini. Obat ini juga bisa digunakan untuk meredakan batuk yang disertai dengan flu sehingga kinerja obat ini akan meredakan batuk bersama dengan flu yang menyertainya.

14. Supplemen Vitamin C
Bagi anda yang berobat ke medis, ada dokter yang akan memberikan anda supplemen vitamin C. Vitamin C ini sangat bagus untuk sistem imun tubuh anda. Seperti yang kita ketahui bahwa supplemen vitamin C itu berguna untuk meningkatkan sistem imun sehingga virus maupun bakteri yang menyebabkan batuk itu segera hilang. Jika sistem imun memburuk maka virus dan bakteri itu akan semakin lama diatasi atau ditangani. Anda bisa mengkonsumsi vitamin C sebanyak tiga kali dalam sehari dan anda bisa mendapatkannya di apotek atau toko obat yang lain.

15. Obat Anti Alergi
Dokter akan melakukan berbagai cara tes alergi kepada anda yang mengalami batuk dan pilek pada saat-saat tertentu saja misalnya saat udara dingin atau saat anda terpapar dengan debu. Jika anda batuk dan pilek tidak berkesinambungan bisa jadi anda mengalami alergi. Obat anti alergi akan diberikan oleh dokter bagi anda yang mengalami batuk dan pilek karena alergi. Untuk mengatasi batuk yang disebabkan oleh alergi dingin harus disertai dengan cara mengatasi alergi dingin, jika tidak dibarengi dengan cara itu batuk itu tetap akan anda dan tidak hilang.

Demikianb artikel terbaru tentang 15 Obat Batuk Kering , Berdahak dan Tenggorokan Gatal yang Manjur dan Aman di Apotik ini saya informasikan kepada Anda sebagai bentuk sedikit kepedulian kepada sesama.

15 Obat Batuk Kering , Berdahak dan Tenggorokan Gatal yang Manjur dan Aman di Apotik Rating: 5 Posted By: saep